Tidak Pakai Masker, Puluhan Warga di Pangandaran Kena Sanksi Denda

News —Jumat, 2 Jul 2021 12:07
    Bagikan  
Tidak Pakai Masker, Puluhan Warga di Pangandaran Kena Sanksi Denda
Tidak Pakai Masker, Puluhan Warga di Pangandaran Kena Sanksi Denda (foto:Deni Rudini)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Kesadaran masyarakat mentaati protokol kesehatan (prokes) tampaknya mulai kendor. Untuk itu, Satuan Gugus Tugas Covid-19 Desa Legokjawa yang terdiri dari Pemerintahan Desa, Polri, TNI dan Tenaga Kesehatan melakukan Operasi Yustisi. Selain razia masker tersebut digelar di jalan raya, petugas juga melakukan sweeping ke toko modern dan perbankan terdekat.

Alhasil, dalam operasi tersebut petugas berhasil menjaring puluhan warga yang melanggar protokol kesehatan dengan tidak meggunakan masker.

Pelanggar yang terjaring razia diberi sanksi sosial seperti push up, membaca Pancasila hingga membayar denda sebesar Rp20 ribu.

Pjs Kepala Desa Legokjawa Yanto Irawan mengatakan, pada razia tersebut Satuan Gugus Tugas Covid-19 mendapati sebanyak 30 orang pengendara roda dua yang tidak menggunakan masker.

"Langkah ini gencar dilakukan sebagai langkah menegakan disiplin kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker," ujarnya.

Baca juga: Resep Makanan, Cara Membuat Tahu Walik Ayam Krispi yang Bikin Ketagihan

Baca juga: Hazard dan De Bruyne Masih Diragukan Bisa Tampil Lawan Italia Dalam Laga Perempat Final Euro 2020

Menurut Yanto, warga yang terjaring razia mayoritas sedang menggunakan kendaraan roda dua dan berasal dari luar daerah Desa Legokjawa.

"Masyarakat ada yang sudah sadar tapi masih ada juga yang menganggap sepele penggunaan masker," keluhnya.

Terkait sanksi denda Rp20 ribu, kata Yanto, hal tersebut berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 61 tahun 2020.

"Kami selalu menegaskan dan mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan selalu mentaati protokol kesehatan," imbau Yanto.

Kata dia, salah satu kunci utama dalam mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 yaitu dengan melaksanakan protokol kesehatan.

"Selalu kami sampaikan kepada masyarakat agar memiliki kesamaan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pintanya. (Deni)

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Sabtu 3 Juli 2021, Capricorn Butuh Penyemangat, Virgo Hari Spesial

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 2 Juli 2021, Cancer Jenuh, Leo Dapat Kejutan

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait