Tumpahan Material Pasir di Jalan Raya Emplak Ancam Pengendara Motor

News —Rabu, 23 Jun 2021 12:40
    Bagikan  
Tumpahan Material Pasir di Jalan Raya Emplak Ancam Pengendara Motor
Tumpahan Material Pasir di Jalan Raya Emplak Ancam Pengendara Motor (foto: Iqbal)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Pengguna jalan raya khususnya pengendara sepeda motor yang melintas kawasan hutan Emplak diminta berhati-hati lantaran banyak tumpahan material pasir yang berserakan di Jalan Raya Nasional tersebut.

Tumpahan material pasir itu berserakan di tikungan sebelum pintu masuk Karangnini jika dari arah Pangandaran menuju Kalipucang, Namun sebalinya, jika dari arah Kalipucang menuju Pangandaran material pasir yang berserakan itu setelah pintu masuk Karangnini.

Berdasarkan data yang dihimpun, tumpahan material pasir dilokasi tersebut lebih dari tiga kali mengakibatkan kecelakaan khususnya menimpa pengendara sepeda motor. Tumpahan material pasir itu karena banyaknya armada yang memuat pasir dari arah Cikalong Tasikmalaya menuju Cilacap Jawa Tengah dengan tonase melebihi batas.

Salah seorang pengendara sepeda motor Darso (39) mengeluhkan, banyaknya tumpahan material pasir yang berserakan dan mengancam keselamatan para pengguna jalan khususnya pengendara motor.

"Pengguna jalan yang melintasi jalur tersebut bukan hanya warga Pangandaran saja, tapi banyak wisatawan yang akan liburan ke pantai dengan menggunakan sepeda motor, bagi yang tahu medan mungkin bisa menghindari tumpahan pasir, kalau pendatang bisa-bisa tergelincir dan mengakibatkan kecelakaan," ujar Darso kepada DEPOSTPANGANDARAN, Rabu (23/06/2021).

Baca juga: Resep Masakan, Cara Membuat Ikan Kerapu Sambal Dabu-dabu Sederhana Penggugah Selera

Baca juga: 8 Wisata Terbaru Paling Eksotis Negeri di Atas Awan Dieng yang Wajib Kamu Kunjungi!

Menurut dia, jika dari arah Pangandaran menuju Kalipucang tumpahan material pasir berada di jalur menikung dan menanjak, jadi potensi kecelakaannya terbilang kecil, tapi sebaliknya yang dari arah Kalipucang menuju Pangandaran jalan posisinya menurun dan menikung.

"Kalau jalan menurun meskipun melaju pelan tetap saja bahaya karena jalan jadi licin akibat tumpahan material pasir dan pengendara yang tidak tahu medan dan kaget bisa dipastikan jatuh," katanya.

Dia berharap, selain warga sekitar untuk membersihkan tumpahan material pasir tersebut, para dump truk yang mengangkut pasir juga tonasenya harus rata dengan bak truk agar tidak tumpah ke jalan raya.

"Ini harus jadi perhatian semua pihak baik warga sekitar maupun para dump truk yang mengangkut pasir, jika ini terus berulang yang jadi korban pengendara lain khususnya pengendara sepeda motor," sebut Darso.

Hal senada juga diungkapkan pengendara lainnya, Rudi warga Pangandaran mengaku, dirinya nyaris jatuh dilokasi tersebut akibat adanya tumpahan pasir yang berserakan di jalan.

Baca juga: Drama Korea Nevertheless Episode 1 Sub Indo, Kisah Cinta Han So Hee dan Song Kang

Baca juga: 8 Sambal khas Indonesia yang Pedasnya Ngalahin Omongan Tetangga

"Saya setiap hari melintasi jalur tersebut, dulu sewaktu saya lagi buru-buru mengejar waktu kerja hampir saja jatuh karena ban sepeda motor tergelincir akibat menginjak tumpukan pasir, kalau sekarang sudah paham jika akan melintasi tikungan itu saya mengurangi kecepatan dan lebih berhati-hati," ungkapnya.

Dia berharap, tumpahan material pasir dibersihkan dari jalan raya baik oleh warga sekitar maupun oleh para pengendara dump truk yang membawa material pasir tersebut.

"Jika ini terus dibiarkan takutnya terus menimbulkan kecelakaan lalu lintas, apalagi kalau sampai makan korban siapa yang akan bertanggung jawab," pungkasnya.

Dengan banyaknya keluhanan warga khususnya para pengendara sepeda motor terkait tumpahan material pasir yang membahayakan, maka harus ada tindakan dari pihak Kepolisian dalam hal ini Satuan Lalu Lintas untuk menindak dump truk yang memuat pasir lebih dari tonase, dump truk pembawa material pasir selain muatannya di tutup terpal juga harus rata dengan bak truk tersebut agar selama dalam perjalanan material pasir tidak ada yang tumpah kejalan. (Iqbal)

Baca juga: Kondisi Thomas Mueller Masih Dipertanyakan Jelang Jerman vs Hungaria

Baca juga: Para Pemain Persib yang Cedera Sudah Semakin Baik

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait