Wapres KH Ma'ruf Amin Tegaskan Vaksin AstraZeneca Halal dan Tidak Ada Efek Samping

Berita —Selasa, 23 Mar 2021 11:09
    Bagikan  
Wapres KH Ma'ruf Amin Tegaskan Vaksin AstraZeneca Halal dan Tidak Ada Efek Samping
Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menegaskan bahwa Vaksin AstraZeneca tidak mengandung unsur babi dan halal digunakan.

"Kalau ada penjelasan memang itu [AstraZeneca] tidak mengandung unsur babi [halal], artinya bolehnya menjadi lebih boleh, sehingga tidak menjadi persoalan saya kira, tentang kebolehannya,” ujar Wapres.

Itu disampaikan K.H. Ma’ruf Amin saat melakukan peninjauan langsung kegiatan vaksinasi Covid-19 di Gedung Balai Keratun, Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Senin (22/03/2021).

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menambahkan, ia mendapat laporan bahwa vaksin jenis AstraZeneca memiliki hubungan antara ada kekentalan darah yang meningkat dengan kejadian infeksi di beberapa negara.

BACA JUGA: Inilah Ciri-ciri Cyber Bullying yang Jarang DIketahui masyarakat

Namun kejadian tersebut perbandingannya sangat kecil yaitu 30 kejadian dari 5 juta suntikan, sehingga masih aman digunakan berdasarkan keputusan World Health Organization (WHO).

“30 kejadian dari lima juta suntikan itu kalau diukur dari angka kekentalan darah yang meningkat itu masih lebih kecil dari angka vaksinasi itu, kemudian dilakukan sidang di WHO, kemudian juga dilakukan sidang di Badan Pengawas Obat Uni Eropa (EMA) yang memperlihatkan ternyata tidak ada hubungan antara peningkatkan kekentalan darah dengan vaksinasi. Vaksin AstraZeneca masih aman digunakan berdasarkan keputusan WHO,” jelas Dante. 

Berkaitan dengan expired yang sampai ke kita 31 mei, maka akan di lakukan percepatan pendistribusian dan akan  digunakan di beberapa daerah.

Sebelumnya, pihak  AstraZeneca membantah tudingan Majelis Ulama Indonesia (MUI), bahwa vaksinnya mengandung enzim tripsin babi.

BACA JUGA: Kini Hotel Alona Yang Digunakan Untuk Tempat Prostitusi Online Sudah Disegel Satpol PP

Dalam rilisnya, pihak AstraZeneca menjamin, vaksin yang turut diproduksi oleh Universitas Oxford ini tidak mengandung unsur hewani.  Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Badan Otoritas Produk Obat dan Kesehatan Inggris. Dilansir dari poskota.co.id (johara/tri) 

BACA JUGA: Menu Makan Siang, Cara Membuat Ayam Teriyaki ala Restoran, Makanan Enak Sederhana dan Lezat.Menu Makan Siang, Cara Membuat Ayam Teriyaki ala Restoran, Makanan Enak Sederhana dan Lezat.

Editor: Rony
								
    Bagikan  

Berita Terkait