Inilah Ciri-ciri Cyber Bullying yang Jarang DIketahui masyarakat

Berita —Selasa, 23 Mar 2021 10:35
    Bagikan  
Inilah Ciri-ciri Cyber Bullying yang Jarang DIketahui masyarakat
Pinterest

POSTPANGANDARAN.

Kalian pasti ngga asing kan dengan kata cyber bullying? Nah, jadi sebenernya apa sih cyber bullying itu? Cyber bullying yang yang dilansir dari Wikipedia itu adalah segala bentuk kekerasan yang dialami anak atau remaja dan dilakukan teman seusianya melalui dunia maya atau internet.

Jadi, sampai siniudah paham kan? tapi karena cyber bullying ini terjadi di media sosial, banyak sekali sobat yang malah jadi ngga sadar kalau tindakannya itu adalah salah satu bentuk cyber bullying.

Hmmm kira-kira apa aja ya bentuk cyber bullying yang terkadang kita lakukan dan ngga kita sadari?

BACA JUGA: Ikatan Cinta Malam Ini Selasa 23 Maret 2021,Mama Rossa Usir Al dan Andin Dari Rumah, Al Temukan Sumarno

Menebar kebencian kepada seseorang secara online

Nah hal ini lumayan sering terjadi loh di kalangan remaja. Hayooo, ngaku siapa yang pernah melakukan hal ini? Memang sosial media itu punya kamu, dan kamu bebas untuk melakukan hal apapun di sosial mediamu. Tapi, jangan untuk menebar dan memengaruhi seseorang untuk membenci orang lain ya! daripada kamu gunakan sosial media untuk menebar ujaran kebencian, lebih baik kamu pakai sosial media mu untuk menebarkan kebaikan kan?

Menyebarkan foto jelek milik orang lain

Memasang foto jelek milik orang lain memang hal yang menyenangkan bagimu kan sobat? Terlebih kalau orang tersebut sedang berulang tahun, biasanya teman-temannya berlomba untuk mengunggah foto jelek miliknya. Tidak apa-apa kalau dia tidak keberatan. Tapi, kalau dia keberatan sebaiknya kamu segera hapus ya! meski tujuannya hanya untuk hiburan, tetap aja hal ini masuk kedalam cyberbullying loh sobat. Jangan sampai temanmu malu dan jadi merasa depresi ya.

BACA JUGA:Disbudpar Kota Bandung dengan H3B Siap Berkolaborasi Promosikan Wisata , di Berbagai Daerah di kota Bandung

Mengedit foto seseorang menjadi meme

Meme memang lagi hits banget ya saat ini, banyak sekali meme-meme bertebaran di media sosial. Banyak juga nih sobat, yang menggunakan foto seseorang untuk dijadikan meme. Nah sebenarnya hal ini sudah termasuk cyberbullying loh sobat. Akibatnya, banyak orang yang depresi karena fotonya dijadikan meme.

Melakukan hinaan fisik

Media sosial memang menjadi salah satu tempat kita untuk bercanda kan sobat. Tapi tanpa kita sadari kita malah menghina fisik seseorang lewat media sosial. Walaupun hal itu bermaksud untuk ercanda, tapi hal itu termasuk kedalam cyberbullying loh sobat. Apalagi kalau sampai membuat seseorang sakit hati. Fisik seseorag bukan hal yang bisa dijadikan bercandaan karena bisa berdampak besar loh. Efeknya bisa membuat orang yang kamu hina jadi minder. Kamu jangan pernah melakukan hal itu ya di sosial media!

Bercanda di media sosial memang boleh, tapi kamu juga harus tau batasan ya sobat. Jangan sampai kamu membuat orang lain sakit hati. Jangan sampai ada korban berjatuhan lagi karena pembully-an. Nyawa seseorang itu bukan mainan loh!-zz-


Editor: Rony
								
    Bagikan  

Berita Terkait