Camat Kalipucang Sambangi Kelompok Tani Sahwahita yang Terletak di Pegunungan

News —Jumat, 28 May 2021 19:35
    Bagikan  
Camat Kalipucang Sambangi Kelompok Tani Sahwahita yang Terletak di Pegunungan
Camat Kalipucang Sambangi Kelompok Tani Sahwahita yang Terletak di Pegunungan (foto:Deni Rudini)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Camat Kalipucang Nana Sukarna didampingi istri yang juga Ketua TP PKK Kecamatan Kalipucang Ilih Sugiarti serta Balai Penyuluh Pertanian menyambangi Kelompok Tani Sahwahita yang terletak di daerah pegunungan,tepatnya di Dusun Sirungwatang, Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Jumat (28/05/2021).

Seperti diketahui, Kelompok Tani Sahwahita baru aktif beberapa bulan kebelakang. Bahkan kelompok tani yang satu ini tergolong hebat karena berbeda dengan kelompok-kelompok tani lainnya. Lokasi kelompok tani Sahwahita terbilang jauh dari sumber mata air, tetapi hasil pertaniannya terbilang bagus.

Camat Kalipucang Nana Sukarna mengaku, dirinya merasa sangat bangga dengan kelompok Sahwahita ini, meskipun lokasinya berada di daerah pegunungan tapi tidak menyurutkan semangat anggota kelompok untuk bertani.

"Saya sangat mengapresiasi kepada kelompok tani satu ini, padahal lokasi kelompok ini jauh dari sumber mata air, tetapi hasil pertaniannya tumbuh dengan subur, dan ini patut di contoh oleh kelompok tani lainnya," ujar Nana kepada DEPOSTPANGANDARAN, Jumat (28/05/2021).

Menurut dia, salah satu dari anggota kelompok pernah menyampaikan keluhan terkait sulitnya sumber mata air, sehingga menjadi kendala untuk memperluas lahan pertanian dilokasi tersebut.

BACA JUGA:  Heboh! Seorang Wanita Melihat Buto Ijo Teteskan Air Liur ke Kuah Bakso Viral di Media Sosial

"Untuk mendapatkan air, kelompok tani Sahwahita harus mencari ketempat lain yang jarak tempuhnya lumayan jauh. Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi kepada Dinas Pertanian melalui Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Kalipucang," kataya.

Ditempat yang sama, Ketua Kelompok Tani Sahwahita Yanti mengucapkan, terimakasih atas kunjungan dari Pak Camat beserta Ibu Ketua TP-PKK serta BPP Kecamatan Kalipucang yang telah sudi menjungungi Kelompok tani yang dipimpinya.

"Dengan dikunjunginya oleh pak Camat dan rombongan akan menjadi penyemangat kami untuk terus bertani," ucapnya.

Yanti mengatakan, kelompok tani yang dia pimpin merupakan kelompok termuda diantara kelompok tani yang ada di Kecamatan Kalipucang, kendati demikian, pihaknya merasa yakin dengan dukungan dari berbagai elemen yang ada pihaknya mampu bersaing.

"Meskipun ada beberapa kendala, diantaranya sulitnya sumber air untuk menyiram tanaman, namun kelompok kami sudah beberapa kali memanen dan menghasilkan pundi rupiah, meskipun belum banyak yang didapatkan, tapi kami merasa bersyukur kelompok yang baru beberapa bulan berdiri bisa bermanfaat bagi orang lain," tandasnya. (Deni)

BACA JUGA: Ditengah Pandemi, Ketua TP PKK Kecamatan Kalipucang Galakan Progam ANGSA SUPER

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait