Dua Ormas di Kabupaten Ciamis Saling Serang, Inilah Pemicu Bentrokan Terjadi

News —Kamis, 27 May 2021 19:04
    Bagikan  
Dua Ormas di Kabupaten Ciamis Saling Serang, Inilah Pemicu Bentrokan Terjadi
Dua Ormas di Kabupaten Ciamis Saling Serang, Inilah Pemicu Bentrokan Terjadi (foto: ist)

CIAMIS, DEPOSTPANGANDARAN

Bentrokan antara ormas Pemuda Pancasila dengan Gibas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dipicu butut dari keributan ditempat hajatan.

Berdasarkan data yang di dapat dari kepolisian, pada Rabu (26/05/2021) sekitar pukul 24.00 WIB kedua ormas tersebut, yakni Ormas Pemuda Pancasila Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar dengan Ormas Gibas Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis terjadi kesalahpahaman.

Bentrok kedua ormas siang ini, rupanya buntut dari kesalahpahaman yang terjadi sewaktu ada hiburan pongdut di Dusun Sodong, Desa Tambaksari, Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis yang bermula ada keributan antara pemuda Rancah dengan pemuda Tambaksari.

Keributan tersebut dilerai oleh anggota ormas PP Kecamatan Rancah Feri M Firdaus dan Dede Nandang Sudarman. Namun, malah ada pemukulan kepada Feri M Firdaus dan Dede Nandang Sudarman. Sehingga, itu menyebabkan Dede Nandang Sudarman mengalami luka- luka pada bagian muka dan Feri M Firdaus mengalami luka di bagian kepala belakang.

Buntut dari keributan di tempat hajatan, dua organisasi masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila dan Gibas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat saling serang hingga saling merusak bangunan dan kendaraan milik masing-masing ormas. Kamis (27/05/2021) siang.

Ratusan massa dari Ormas Pemuda Pancasila yang tampak siap menyerang dengan membawa kayu ditangan masing-masing 

BACA JUGA:  Drama Korea My Roommate Is A Gumiho Episode 1 Sub Indo, Perjanjian Tinggal Bersama

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan, akibat bentrok tersebut, dua bangunan Sekretariat milik ormas yang terlibat perkelahian yang di Kecamatan Tambaksari dan Rancah Kabupaten Ciamis. Lima mobil dan tiga sepeda motor pun rusak akibat dilempari batu.

Selain bangunan dan kendaraan, dua orang terluka dalam keributan ini dan telah dibawa ke Puskesmas Cisaga. Perusakan ini terjadi di beberapa kecamatan diantaranya di Tambaksari, Rancah, Cisaga dan kecamatan Cijeungjing.

Kapolres Ciamis, AKBP Hendria Lesmana mengatakan, saat ini kondisi sudah mulai mereda yang sebelumnya sempat mencekam. Bahkan, pihaknya juga telah mengajak Ketua PP dan Gibas Ciamis untuk bersama-sama meredam massa yang berada di beberapa tempat.

"Dimana tempat yang bergejolak akan kita kejar lalu kita amankan," ujarnya kepada wartawan, Kamis (27/05/2021).

Hendria menyampaikan, bentrokan ini terjadi diduga bermula dari adanya keributan di Kecamatan Rancah saat acara hajatan pada Rabu malam.

"Jadi, bentrokan ini buntut dari keributan di tempat hajatan," sebutnya.

Saat dua bangunan di bakar, kendaraan pemadam kebakaran pun dikerahkan guna memadamkan api agar tidak meluas ke bangunan lainnya. (Deni)

BACA  JUGA: Korean Drama My Roommate Is A Gumiho Episode 1 English Sub, Living Agreement

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait