Ratusan Personel Gabungan Diterjunkan Cegah Takbir Keliling di Ciamis

News —Rabu, 12 May 2021 22:38
    Bagikan  
Ratusan Personel Gabungan Diterjunkan Cegah Takbir Keliling di Ciamis
Ratusan Personel Gabungan Diterjunkan Cegah Takbir Keliling di Ciamis (foto:ist)

CIAMIS, DEPOSTPANGANDARAN

Ratusan personel gabungan dari Polri, TNI dan Pemerintah Kabupaten Ciamis Jawa Barat diterjunkan untuk mencegah takbir keliling saat malam Idul Fitri 1442 Hijriah.

Sebelumnya, ratusan personel menggelar apel pasukan pengamanan malam takbir Idul Fitri 1442 H yang berlangsung di Alun-alun Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Rabu (12/05/2021).

Apel dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Ciamis Kompol Yopy Mulyawan Suryawibawa dan diikuti oleh ratusan personel gabungan TNI-Polri dan Instansi Pemerintah terkait. Mereka yang terlibat apel, diantaranya 123 personel Polres Ciamis berbagai satuan fungsi dan BKO Polda Jabar, 1 Satuan Setingkat Pleton gabungan TNI dari Kodim 0613/Ciamis, Subdenpom III/2-3 Ciamis, TNI AL dan TNI AU, 1 Satuan Setingkat Pleton Dishub Kabupaten Ciamis, 1 Satuan Setingkat Pleton Satpol PP Kabupaten Ciamis, dan 5 orang petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana mengatakan, apel gelar pasukan tersebut digelar dalam rangka untuk melihat kesiapan personel dalam menjalankan pengamanan di malam takbir hari raya Idul Fitri 1442 hijriyah.

BACA JUGA :Tinjau Arus Mudik di Bandara Soetta, Kapolri Minta Perketat Pengawasan WNA

"Pengamanan dilakukan untuk memastikan situasi kamtibmas tetap aman, dan kondusif hingga hari raya dan selesainya pelaksanaan operasi ketupat lodaya tahun 2021," ujarnya.

Kata dia, pihak Polres Ciamis bersama TNI dan Satpol PP, Dishub serta petugas kesehatan siap mengamankan malam takbir hari raya Idul Fitri 1442 H.

"Kami pastikan malam takbir ini dapat berjalan dengan khidmat serta aman, damai dan kondusif," tuturnya.

Hendria mengingatkan, perayaan malam takbir masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pecegahan Covid-19. Sebab diketahui bersama saat ini masih dalam keadaan situasi pandemi.

"Imbauan prokes secara masif terus kami sampaikan dan kami juga akan melakukan patroli di malam takbir untuk mengantisipasi timbulnya kerumunan yang dapat menjadi klaster penyebaran baru virus corona," terangnya.

Menurut dia, personel nantinya pada malam takbir akan melakukan pembubaran kepada warga yang tidak memiliki kepentingan di jalan raya. Terutama mereka yang berkumpul lebih dari lima orang dan tidak memilik tujuan akan dipulangkan.

"Saat malam hari sekitar pukul 22.00 WIB nanti semua yang tidak memiliki kepentingan untuk berada di jalan sehingga dapat menimbulkan kerumunan akan kami minta untuk kembali ke rumah masing-masing. Ini upaya yang akan kami lakukan agar tidak terjadi kerumunan saat Malam Takbir Hari Raya Idul Fitri 1442H," pungkasnya. (Deni)

BACA JUGA :Update Pemudik yang Masuk Wilayah Kecamatan Kalipucang Hari Ini

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait