Wajib Tahu! Simak Berikut 6 Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Membeli Laptop Baru

LifeStyle —Kamis, 23 Nov 2023 14:37
    Bagikan  
Wajib Tahu! Simak Berikut 6 Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Membeli Laptop Baru
Ilustrasi foto unsplash/BlenKolde

POSTPANGANDARAN.COM -  Laptop menjadi salah satu barang yang sangat dibutuhkan oleh berbagai sektor pada saat ini.
Laptop juga banyak di gunakan di berbagai kalangan bukan hanya kalangan orang kantor saja, namun sekarang para pelajar juga biasanya membutuhkan laptop untuk mereka belajar.

Sebetulnya banyak sekali tipe dan jenis laptop yang beredar di pasaran, namun jika kalian ingin membeli laptop, maka kalian harus memperhatikan banyak hal, agar pemakaiannya yang tentu saja agar awet dan tentu saja bisa di gunakanan dengan waktu yang cukup panjang.

Mengutip dari beragam sumber, berikut beberapa tips yang bisa kalian gunakan pada saat membeli laptop.

- Liat CPU
Hal yang pertama yang harus kalian cek adalah CPU yang ternaman di dalam laptop. Karena CPU adalah perangkat yang terpenting yang mempengaruhi kinerja pada laptop itu sendiri.
Bisa di katakana bahwa CPU adalah otak dari komputer. Dan ada beberapa hal yang bisa kalian perhatikan saat membeli laptop karena pada saat meligay presesor ini, di antaranya spesifikasi tinggi dan generasinya.

Semakin tinggu spesifikasi atau semakin baru generasi CPU yang di gunakan pada perangkat, maka semakin bagus.


- Sistem operasi
Ada dua sistem operasi umum yang di gunakan yakni Windows san Mac OS (Khusus untuk MacBook), maka kalian bisa memilih sistem operasi dengan yang tepat dan tentu saja seusai dengan kebutuhan dan jangan lupa untuk menggunakan versi terbaru dari sitem operasi tersebut.

Baca juga: Pengangguran di Kota Bandung Menurun, Ini Datanya

- Memori RAM
Kalian harus memperhatikan kapasitas ram yang ada, laptpop pada umumnya biasanya atau idelanya memiliki kapasitas Ram 8GB. Dan jika kalian memilih Ram yang kebih kecil maka kalian tidak bisa menyelesaikan tugas kalian pada tepat waktu karena biasanya akan mengalami lagging.


- Kapasitas baterai
Jangan sampai kalian membeli dengan kapasitas baterai yang kecil, karena jika kalian membeli kapasitasnya yang kecil maka biasanya baterai akan cepat habis.
Agar pada saat digunakan kalian tidak harus selalu mencharge dan jika kalian harus mencharge pada saat digunakan tentu saja kalian harus memilih tempat yang tidak jauh dari arus sumber listrik.


- Tentukan penyimpanan SSD atau HDD
Pada penyimpanan internal tentu saja laptop juga mempegaruhi kecepatan atau kinerja drive laptop, dan pada saat ini banyak sekali laptop menggunakan jenis penyimpanan solis state drive (SSD) dibandingkan dengan Hard disk drives (HDD).
Pada dasarnya, drive penyimpanan SSD menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat pada performa laptop kalian secara menyeluruh.


- Cek kualitas produk
Kalian harus mengecek kualitas perangkat berdasarkan review dari orang lain atau kalian bisa mengeceknya di internet.
Jika suatu saat laptop kalian terjatuh pastikan laptop yang di beli memiliki ketahanan yang bagus dan baik, bergaransi, hingga memiliki sertifikat yang dapat di percayai.
Itu dia beberapa tips yang harus kalian cek sebelum kalian membeli laptop. 

Baca juga: Mudah Anti Gagal, Ini Dia Cara Membuat Serudeng Gurih Khas Betawi

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait