Girls Tips, 8 Cara Mencegah Cushion Alami Oksidasi Saat Makeup!

LifeStyle —Kamis, 21 Sep 2023 11:10
    Bagikan  
Girls Tips, 8 Cara Mencegah Cushion Alami Oksidasi Saat Makeup!
Ilustrasi Makeup Flawless Foto (Pinterest/Nandeeyz)

POSTPANGANDARAN,- Jika ingin hasil makeup flawless, menggunakan cushion menjadi hal wajib yang tidak boleh dilewatkan. Ketika berhasil memilih shade yang cocok, rasanya wajah berubah menjadi mulus dan cerah seketika. Namun, pada beberapa orang, pengaplikasian cushion justru membuat kulit tampak gelap atau Oksidasi.

Makeup yang oksidasi adalah kondisi makeup menggelap atau menjadi abu-abuan setelah beberapa saat pemakaian, hal ini membuat kulit wajah kita tampak berminyak dan kusam. Tapi, apa kamu tahu apa penyebab base makeup-mu termasuk cushion mengalami oksidasi?

 

Penyebab Cushion Oksidasi

Oksidasi ini biasanya disebabkan oleh reaksi yang terjadi antara minyak yang ada pada wajah dengan pigmen dari foundation yang kamu pakai. Selain itu cuaca atau udara dari luar juga ikut menyebabkan foundation mengalami okasidasi

Tips Mencegah Cushion atau Makeup Oksidasi

  1. Gunakan Skincare yang Tepat

Langkah pertama yang dilakukan adalah menggunakan skincare yang tepat.  Perpaduan kulit wajah yang sehat dan terhidrasi adalah kunci sempurnanya makeup pada wajah seseorang. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memakai skincare yang sesuai dengan jenis kulit, agar makeup dapat diaplikasikan dengan sempurna.

  1. Pakai Primer sebagai Dasar Makeup

Penggunaan primer menjadi hal pertama yang dilakukan saat menggunakan makeup. Primer berfungsi sebagai pembatas antara kulit dan foundation, serta dapat mengontrol kadar minyak wajah. Minyak yang tercampur dengan foundation bukan hanya membuat makeup mudah luntur, tetapi juga teroksidasi.

Baca juga: Yuk Cek! Inilah Deretan Konser Musik di Bandung dalam Waktu Dekat

  1. Tepuk Wajah dengan Tisu

Jangan lupa untuk menepuk-nepuk wajah dengan tisu sebelum dan setelah menggunakan foundation. Langkah ini dikenal dengan sebutan teknik blotting. Tujuannya adalah menyerap kelebihan minyak pada wajah. Pastikan untuk menepuk dan tidak mengelap, agar foundation tidak bergeser.

  1. Kocok Foundation Sebelum Digunakan

Pastikan untuk mengocok foundation sebelum menggunakannya. Jika masih banyak pigmen yang mengendap di bagian bawah botol, pengaplikasian menjadi kurang rata karena tekstur foundation yang terlalu encer. Hal tersebut tentu saja akan berujung pada foundation yang teroksidasi.

  1. Pakai Translucent Powder Setelah Foundation

Translucent powder merupakan bedak bertekstur bubuk yang berfungsi untuk mengunci makeup agar tahan lama. Bedak ini berwarna putih, yang akan membaur tanpa mengubah warna makeup saat diratakan dengan kuas. Untuk mendapatkan manfaatnya, aplikasikan bedak ke seluruh wajah.

  1. Pastikan Kadar PH Kulit Wajah Seimbang

Jika kadar pH kulit wajah terlalu tinggi atau rendah, risiko terjadinya oksidasi semakin meningkat. Hal tersebut terjadi karena pH kulit yang cenderung asam. Normalnya, pH kulit wajah berada di angka 5,5. Untuk menyeimbangkannnya, kamu disarankan untuk rutin mengonsumsi buah dan sayuran, serta menggunakan toner cuka apel.

  1. Gunakan Shade Lebih Terang

Langkah terakhir dilakukan dengan menggunakan shade atau warna foundation yang lebih terang ketimbang warna kulit asli. Ketika oksidasi terjadi, kulit akan menggelap sesuai dengan warna kulit wajah asli. Jika warna foundation yang dipilih masih terlalu terang, kamu bisa menetralkannya dengan bedak yang lebih gelap.

  1. Pilih cushion/foundation yang minim oksidasi

Selain tips tadi, pemilihan produk cushion/foundation yang tepat juga sangat berpengaruh pada tingkat oksidasinya. Kamu bisa memilih cushion dengan finish satin atau matte, karena biasanya dengan finish seperti ini bisa lebih mampu menahan minyak. Selain itu, pilih cushion dengan ingredients yang membantu menjaga kelembaban kulit, seperti kandungan Hyaluronic Acid. Kandungan ini bisa menjaga kelembaban kulit sehingga produksi minyak bisa lebih terkontrol.

Baca juga: 5 Manfaat Apel Hijau Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui


 

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait