Catat! Berikut 7 Cara Mengatur Keuangan Anak Kost Anti Kantong Kering

LifeStyle —Selasa, 19 Sep 2023 11:24
    Bagikan  
Catat! Berikut 7 Cara Mengatur Keuangan Anak Kost Anti Kantong Kering
ILUSTRASI (FOTO:*PINTEREST )

POSTPANGANDARAN,-  Setiap anak kos harus tahu seperti apa tips hemat yang paling efektif agar bisa bertahan hidup di perantauan.
Harus bekerja atau kuliah diluar kota tentunya bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, kita harus meninggalkan rumah dan dipaksa hidup secara mandiri.

Penting bagi kamu memahami cara mengatur keuangan anak kos yang baik. Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan yang benar? Simak artikel dibawah ini akan membahas tips mengatur keuangan yang paling efektif.

1. Susun Anggaran Kebutuhan
Tips pertama yang bisa digunakan sebagai cara mengatur keuangan anak kos adalah dengan menyusun anggaran kebutuhan.
Kegiatan ini merupakan bagian penting dalam cara mengelola keuangan anak kos agar bisa memenuhi kebutuhan dan menghindari pembelian tidak terencana.
Melalui penyusunan anggaran kebutuhan, kamu bisa mengetahui apa saja yang perlu dibeli setiap bulannya serta besaran nominalnya.
Dengan demikian, saat belanja bulanan, kamu tidak akan mengeluarkan uang lebih dari kebutuhan yang seharusnya.
Untuk menyusun anggaran kebutuhan tersebut, kamu dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan, lalu merinci berdasarkan skala prioritas pribadi.
2. Catat semua pemasukan dan pengeluaran
Anak kos wajib yang sudah memiliki daftar anggaran bulanan harus mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara rutin.
Setiap kamu akan membelanjakan uang, jangan lupa catat berapa nominal dan keterangan untuk apa uang itu digunakan.
Menurut Rappler, memiliki daftar anggaran bulanan dan mencatat setiap pengeluaran harian akan memudahkan untuk melacak kemana perginya uang yang telah dikeluarkan.
Saat ini mencatat pemasukan dan pengeluaran juga tidak perlu dilakukan secara konvensional lagi karena sudah ada banyak aplikasi keuangan yang bisa dimanfaatkan.
3. Masak sendiri
Makanan merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi karena tanpa makan maka kita tidak bisa bertahan hidup.
Biaya untuk makan pun tidaklah sedikit dan bisa menghabiskan banyak anggaran. Meski begitu, masih ada cara untuk mengakalinya.
Contohnya saja kamu bisa mulai masak sendiri di kos. Kegiatan yang satu ini sangatlah membantu untuk menghemat pengeluaran.
Dengan memasak sendiri kamu bisa menghemat uang yang cukup banyak karena membeli bahan mentah jauh lebih murah daripada makanan jadi.
Bahan makanan tersebut juga bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan untuk dimakan beberapa kali.
Salah satu tips dari Buzzfeed mengatakan agar tidak terlalu banyak membelanjakan uang untuk membeli bahan yang mahal. Misalnya, pilihan protein daging bisa diganti dengan telur.
Selain lebih hemat, pastinya makanan yang dibuat sendiri juga bisa lebih sehat kan.
Buat anak kos wajib banget mencoba tips yang satu ini jika ingin hidup lebih hemat!

Baca juga: Tidak Selalu Buruk, Berikut 5 Arti dari Mimpi Melihat Hantu


4. Kurangi Jajan yang Tidak Penting
Hampir mirip seperti tips nomor tiga, langkah berikutnya yang bisa digunakan sebagai cara mengatur keuangan anak kos adalah dengan mengurangi jajan tidak penting.
Dalam hal ini, misalnya kamu sudah membawa bekal sendiri untuk makan siang, maka tidak perlu lagi membeli jajan tambahan, apalagi hanya sekedar ikut-ikutan.
Saat belanja bulanan, ketika semua kebutuhan yang dicari sudah dibeli, maka tidak perlu menambahkan barang-barang kurang bermanfaat ke dalam keranjang.
Selalu pastikan bahwa apa yang ingin dibelanjakan sudah sesuai dengan susunan anggaran. Dengan demikian, kamu tidak akan kekurangan bahkan kehabisan dana.
5. Lakukan riset sebelum sembeli sesuatu
Tips hemat untuk anak kos yang terakhir adalah selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu.
Misalnya, untuk membeli keperluan bulanan yang hemat, kamu sebaiknya cari tahu dulu di mana supermarket yang sedang murah.
Pasalnya, walaupun barang yang dijual sama, harga yang dibanderol bisa sangat berbeda.
Oleh karena itu, coba bandingkan banyak supermarket dan belanjalah di tempat yang lebih murah.
Memang hal ini terdengar merepotkan. Namun, dengan melakukan riset dan membandingkan harga dijamin kamu bisa belanja lebih hemat, lho.
6. Bedakan kebutuhan dan keinginan
Sebagai anak kos, kamu bisa lebih menghemat uang jika tahu apa saja hal-hal yang menjadi kebutuhan dan keinginan.
Intinya, kebutuhan adalah hal atau barang yang kita perlukan untuk beraktivitas sehari-hari, misalnya seperti makanan dan tempat tinggal.
Sementara itu, keinginan adalah hal atau barang yang melengkapi hidup dan tak menjadi masalah jika kita belum memilikinya seperti hiburan, baju baru, dan gadget baru.
Memang kebutuhan dan keinginan orang berbeda-beda. Namun, sayangnya banyak yang lebih mementingkan keinginan dan justru meninggalkan kebutuhan.
Nah, sebaiknya, ketahui dulu kebutuhan hidupmu saat ini dan sisihkan anggarannya. Lalu, jika ada sedikit uang lebih, kamu bisa gunakan uang itu untuk memenuhi keinginanmu.
7. Minimalisasi Biaya Kos
Tips dalam manajemen keuangan anak kos tentunya tidak boleh melewatkan strategi penekanan biaya tempat tinggal.
Sebab, kamu mungkin merasakan bahwa biaya kos menghabiskan hampir setengah bagian dari uang kiriman orang tua.
Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyiasati hal tersebut, antara lain dengan tinggal bersama saudara, mencari kos yang biayanya murah, atau mengajak teman untuk berbagi kamar. (siska septiani)

Baca juga: Sedang Tayang! Sinopsis Film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul, Level Up Film KKN di Desa Penari

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait