Ternyata Segini Besaran Gaji HRD di Indonesia!

LifeStyle —Rabu, 5 Apr 2023 14:11
    Bagikan  
Ternyata Segini Besaran Gaji HRD di Indonesia!
Ilustrasi.

POSTPANGANDARAN,- Kehadiran seorang HRD di dalam perusahaan memiliki peranan yang penting dalam melakukan pengelolaan terhadap sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan.

Bagi Anda yang baru saja ingin berkarir di bidang Human Resource Management atau HRD, mungkin Anda akan bertanya-tanya mengenai besaran gaji HRD di Indonesia.

Pertanyaan ini sendiri merupakan hal yang wajar, karena sebagai seorang profesional, Anda mungkin ingin melihat apakah berkarir di dunia HRD dalam sebuah perusahaan memiliki prospek yang menjanjikan.

Untuk mengetahui berapa besaran gaji HRD di Indonesia, maka simak penjelasan artikel berikut ini sampai tuntas ya!

Mengenal Pekerjaan HRD

HRD atau Human Resource Department adalah salah satu divisi yang berada di sebuah perusahaan dan memiliki tanggung jawab untuk mengurusi segala kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan kinerja karyawan, mulai dari proses rekrutmen, pelatihan, evaluasi kinerja, penyelesaian konflik internal, hingga kegiatan administrasi karyawan.

Saat perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan yang dimilikinya, maka HRD lah yang pertama kali berhubungan dalam mengurus hak-hak yang dimiliki oleh karyawan yang bersangkutan.

Baca juga: Jangan Insecure! Begini Cara Mengatasi Pori-pori Besar dengan Cepat

 Tugas HRD di Perusahaan

Di mata masyarakat, umumnya pekerjaan seorang HR di sebuah perusahaan hanya berhubungan dengan proses rekrutmen karyawan. Nyatanya, tugas dan tanggung jawab seorang HR di sebuah perusahaan lebih dari itu.

Adapun beberapa tugas seorang HRD di perusahaan yang dapat Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut:

1.   Melakukan Rekrutmen dan Seleksi

Salah satu tugas utama yang dimiliki oleh seorang HRD adalah dengan melakukan rekrutmen dan seleksi terhadap calon karyawan.

Dari sekian banyak kandidat yang melamar, seorang HRD harus bisa menyortir dan menyeleksi kandidat hingga mendapatkan orang yang cocok dan dibutuhkan perusahaan.

2.   Menyelenggarakan Pelatihan dan Pengembangan

Kinerja yang dimiliki oleh karyawan adalah faktor utama dalam mencapai tujuan perusahaan.

Dalam hal ini, HRD perusahaan harus bisa melakukan pengelolaan terhadap kinerja karyawan agar lebih optimal dan produktif melalui program pelatihan dan pengembangan.

3.   Menjaga Relasi dengan Karyawan

Memiliki relasi yang baik dengan karyawan dapat membuat karyawan tersebut merasa nyaman dan betah ketika bekerja di perusahaan.

Dalam hal ini, seorang HRD wajib menjaga relasi dengan baik terhadap seluruh karyawan di perusahaan. Karena melalui relasi yang baik akan menghasilkan kolaborasi dan menguntungkan pihak karyawan dan perusahaan.

Baca juga: Persib Sesalkan Kericuhan di Stadion Pakansari

Besaran Gaji HRD

Lantas, berapa besaran gaji HRD di Indonesia? Pada dasarnya, besaran gaji seorang HRD akan ditentukan dengan level yang mereka miliki. Semakin tinggi level yang mereka miliki, maka akan semakin besar pula gaji yang mereka miliki.

Berikut ini adalah besaran gaji HRD dari level terendah hingga level tertinggi:

1.   Gaji Level Staff HRD

Level staff HRD memiliki kisaran rata-rata gaji sebesar Rp6.000.000 hingga Rp9.000.000.

2.   Gaji Level Supervisor HRD

Sedangkan, untuk level supervisor HRD memiliki kisaran rata-rata gaji sebesar Rp9.000.000.

3.   Gaji Level Manajer HRD

Level yang terakhir adalah level manajer HRD dengan rata-rata kisaran gaji mulai dari Rp15.000.000. Besaran gaji ini sendiri akan tergantung dari seberapa lama pengalaman yang mereka miliki di bidang tersebut.

Besaran gaji seorang manajer HRD juga akan dipengaruhi oleh skala perusahaan. Semakin besar skala yang dimiliki oleh perusahaan, maka akan semakin besar pula gaji HRD yang akan diterima.

Dalam melakukan atau menentukan gaji karyawan, biasanya perusahaan besar di luar sana akan menggunakan bantuan software payroll yang dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan kegiatan penggajian secara otomatis.

Dengan menggunakan software payroll, maka perusahaan dapat melakukan perhitungan gaji karyawan dengan mengelompokkan gaji berdasarkan level yang dimiliki oleh karyawan yang bersangkutan.

Itulah informasi mengenai gaji HRD yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarier di pekerjaan satu ini ya!

Baca juga: Wagub Uu Ruzhanul: Refleksikan Peran Ulama Membangun Karakter Masyarakat Jabar yang Paripurna

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait