Pindang Gunung Khas Pangandaran, Kenapa Tidak Bernama Pindang Laut?

Kuliner —Jumat, 26 Aug 2022 14:56
    Bagikan  
Pindang Gunung Khas Pangandaran, Kenapa Tidak Bernama Pindang Laut?
Pindang Gunung, Pangandara.*(FOTO: Instagram @bayunuraji)

POSTPANGANDARAN,- Pangandaran terkenal dengan pangan lautnya.  Akan tetapi makanan yang satu ini memiliki nama unik meski  bahan utamanya merupakan ikan yang berasal dari laut.  Makanan ini bukan bernama Pindang Laut melainkan Pindang Gunung.

Ada sejarah dibalik penamaan Pindang Gunung ini.  Menurut cerita yang beredar kenapa sup ikan itu bernama Pindang Gunung, dahulu di Pangandaran terutama di daerah pesisirnya belum banyak penduduk. Rata-rata dari daerah pegunungan yang menjadi penanam padi dan berkebun, lalu kakek buyut belajar adaptasi menjadi nelayan, untuk menangkap ikan ke laut.

Kemudian para leluhur mengolah hasil tangkapan ikan laut tersebut menjadi sup. Sedangkan untuk bumbu masaknya, karena dari gunung maka memakai khas orang gunung. Jadi arti kata "gunung" mengarah pada bumbu-bumbu kampung yang ada dari daerah pegunungan. Sedang kan pindang menurut orang Sunda adalah angeun nu caian (sayuran yang ada kuahnya).

Baca juga: Badarawuhi KKN di Desa Penari atau Hantu Ibu Pengabdi Setan, Mana yang Lebih Seram?

Terlepas dari penamaannya yang memang unik, kuliner ini wajib dicoba kala berlibur ke Pangandaran.  Sebab kuah kuningnya yang menggoda dan rempah yang melimpah membuatnya kaya akan rasa.

Rasanya yang gurih dan sedikit pedas serta dengan rempah unik honje (kecombrang) bisa membuat nagih.  Apalagi dengan ikan yang berdaging tebal, empuk dan tidak hancur saat dimasak.  Semakin membuat kelezatan bertambah, karena ikan yang digunakannya pun adalah ikan gurame dan kakap merah.

Masakan yang sudah ada sejak tahun kemerdekaan atau 1945 ini wajib untuk kita coba.  Apalagi sambil menikmati indahnya pantai-pantai yang ada di sana.  Kenikmatan pasti akan bertambah, perut kenyang pikiranpun tenang.* (RENALDI)

Baca juga: Sisca kohl Umumkan Pertunangannya

 

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait