Sate Totok Khas Kecamatan Kalipucang, yang Tak Boleh Terlewat Saat Liburan ke Pangandaran

Kuliner —Selasa, 8 Jun 2021 12:32
    Bagikan  
Sate Totok Khas Kecamatan Kalipucang, yang Tak Boleh Terlewat Saat Liburan ke Pangandaran
Sate Totok Khas Kecamatan Kalipucang, yang Tak Boleh Terlewat Saat Liburan ke Pangandaran (foto: doc Deni Rudini)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Pangandaran terkenal baik dari keindahan pantainya juga kulinernya, selain seafood ada juga kuliner lainnya yang rasanya lezat namanya Sate Toe atau Kerang Totok yang bisa kalian jumpai di rumah makan atau pedagang asongan di wilayah objek wisata Pangandaran.

Sate Toe (kerang totok) merupakan kuliner khas dari Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran itu juga kerap dijajakan oleh para pedagang asongan di wilayah terminal bus Kalipucang.

Kerang totok atau toe sendiri merupakan sebutan untuk kerang kepah atau Polymesoda Erosa yaitu jenis kerang kerangan yang habitatnya berada di daerah mangrove atau pasir berlumpur.

Salah seorang pedagang asongan sate totok di terminal bus Kalipucang, Farida mengatakan,bahwa makanan sate toe atau biasa disebut sate totok ini merupakan makanan khas masyarakat Kecamatan Kalipucang dan untuk mencari bahan baku pun tidak sulit. 

“Kerang totok habitatnya berada di daerah mangrove atau pasir lumpur, jadi tidak susah nyari bahan bakunnya karena banyak ditemui di sungai Citanduy dan di muara Majingklak,” katanya kepada DEPOSTPANGANDARAN, Selasa (08/06/2021).

BACA JUGA: Resep Masakan, Lobster Bakar Saus Madu Mantap Bikin Ketagihan

Setiap hari, kata dia, dirinya mulai menjajakan dagangannya dari pagi hingga siang di terminal dan agen bus Budiman yang berada di wilayah Kalipucang.

"Sate totok dijual dengan harga Rp1000 rupiah pertusuk, selain toe, saya juga jualan lontong dan rempeyek, pembeli kebanyakan penumpang bus dan travel, kalau wisatawan masih jarang yang beli," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kalipucang, Ono Darsono mengatakan, makanan sate totok ini merupakan makanan khas masyarakat Kecamatan Kalipucang yang sudah legendaris sejak dulu.

“Kerang sungai ini di jual dengan cara di bikin sate, selain enak rasanya makanan yang satu ini harganya relatif murah,” singkatnya. (Deni)

BACA JUGA: Ikatan Cinta Malam Ini, Diserbu Aldebaran dan Andin, Elsa Frustasi dan Ketakutan

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait