Resep Masakan,Cara Membuat Es Shanghai Segar

Kuliner —Selasa, 25 May 2021 10:16
    Bagikan  
Resep Masakan,Cara Membuat Es Shanghai Segar
pinterest

PANGANDARAN,DEPOSTPANGANDARAN

Umum di Indonesia, setiap makanan punya nama kotanya, contohnya, soto Madura, pecel Blitar, tahu pong Semarang, empe-empe Palembang, wingko Babat, dan tidak heran kalau es pun Shanghai. Mengapa es saja sampai sejauh dari Shanghai sana?

Di Los Angeles dalam beberapa minggu ini luar biasa panas dan lembabnya, sekonyong-konyong ada gambar es campur kegemaran dijaman kepungkur itu keluar dari ingatan, memang ini pilihan terbaik untuk menyegarkan badan.

Disini yang merupakan bumi peleburan bangsa-bangsa tentunya aneka ragam es campur ada, yang dari Filipina namanya es Halo-halo, dari Taiwan yang disebut es Bo-bing, dari Thai itu disebut Wann-yen, dari Vietnam menjadi Sam-bo-luong, dari Hawaii hanya Inggrisnya saja Saved Ice yang katanya dari es Jepang Kakigori. Tentunya dari Indonesia itu es Shanghai atau sering disebut teler. Semuanya setiap saat ada persediaannya disini.

Ada pendapat yang menegaskan bahwa es Shanghai pembawaan Jepang dari Perang Dunia ke-dua, ada pendapat yang menyangkalnya karena es campur itu tidak berwarnakan bumi hangus dari serangan Jepang di Shanghai

Resep Es Shanghai enak dan mudah untuk dibuat. Di sini ada cara membuat yang jelas dan mudah diikuti.

Baca juga: Kapolres Banjar Bagikan Masker Gratis Kepada Pedagang dan Masyarakat

Bahan:

  • 1 L susu cair
  • 1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
  • 1 bungkus agar-agar bubuk warna cokelat
  • 200 g gula pasir
  • 100 g manisan kolang-kaling warna hijau siap pakai, belah membujur 2 bagian
  • 1 kaleng (225 g) fruit cocktail, tiriskan
  • 300 g es serut
  • 3 sdm susu kental manis
  • 100 ml sirop merah siap pakai

Cara membuat:

  1. Campur 500 ml susu cair, agar-agar bubuk warna putih, dan 100 g gula pasir, aduk rata. Didihkan di atas api kecil, angkat. Biarkan mengeras. Potong bentuk dadu ukuran 1 cm. Sisihkan.
  2. Campur sisa susu cair, agar-agar bubuk warna cokelat, dan 100 g gula pasir, aduk rata. Didihkan di atas api kecil, angkat. Biarkan mengeras. Potong bentuk dadu ukuran 1 cm.
  3. Penyajian: Letakkan ke dalam mangkuk saji: 2 sdm agar-agar putih dan cokelat, 1 sdm manisan kolang kaling, dan 1 sdm fruit cocktail. Tambahkan es serut hingga menggunung. Siram dengan susu dan sirop.
  4. Sajikan segera. (f)

Untuk 6 gelas 

Editor: Ardi
    Bagikan  

Berita Terkait