Resep Masakan,Cara Mambuat Topoki Asam Pedas

Kuliner —Senin, 17 May 2021 12:32
    Bagikan  
Resep Masakan,Cara Mambuat Topoki Asam Pedas
Resep Masakan,Cara Mambuat Topoki Asam Pedas

PANGANDARAN,DEPOSTPANGANDARAN

TOPOKI. Karena sekarang booming banget gitu kan makanan ato jajanan khas korea. Nah kebetulan lagi pandemi, WFH juga. Most all the time waktu kita habiskan di rumah, nonton drama korea favorit juga. Nah, camilin ini sama nonton kan enak yah Siapa sih anak muda gatau topoki makanan khs korea itu?

adalah penganan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha.

Pada awalnya, penganan ini berasal dari masakan istana Dinasti Joseon yang disebut gungjung tteokbokki. Pada waktu itu, masakan ini berupa huintteok yang dimasak dengan kecap asin bersama daging sapibagogarikecambah kacang hijaupeterselishiitakewortel, dan bawang bombay. Rasanya jauh berbeda dari tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang. Selain itu, tteok yang dipakai bisa terdiri dari 5 warna yang melambangkan Korea: merahkuningputihhitam, dan biru.

Baca juga: Asal-Usul Santa Claus

Topoki juga menjadi makanan yang 'wajib' dicoba saat kamu pelesir ke Korea. Kenyal dan gurihnya tteok atau rice cake, odeng atau fish cake, berbaur dengan saus gochujang yang rasanya manis, pedas dan gurih. Selain itu tteokbokki juga dilengkapi dengan telur rebus, irisan daun bawang, dan keju yang menambah tekstur dan memperkaya cita rasa

 Ini diaa cara membuat topoki ala depostpangandaran

Bahan-bahan

  1. Bahan tteok
  2. 120 gr tepung beras (ayak)
  3. 2 sdm tepung tapioka
  4. 100 ml air panas
  5. 1/2 sdt garam
  6. Secukupnya kaldu jamur
  7. Bahan kuah
  8. 350 ml air
  9. 3 siung bawang putih (cincang halus)
  10. 3 sdm gochujang (saya merk kikkoman)
  11. 3 sdm gula aren/Jawa (saya pakai yg bubuk)
  12. 1/4 sdt garam (sesuai selera)
  13. 1/4 sdt kaldu jamur
  14. 1 sdm minyak wijen
  15. Wijen sangrai (saya skip)
  16. Opsional
  17. Sambal
  18. Telur rebus
  19. Mie instan
  20. Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Riki Semakin Gencar Balas Dendam Elsa Semakin Terancam

Langkah

  1. Campur bahan tteok. Masukkan air panas sedikit demi sedikit sampai adonan kalis.
  1. Lumuri tangan dengan minyak goreng/wijen. Bentuk tteok memanjang. Kemudian rebus hingga matang. Tandanya matang adalah tteok mengapung. Angkat, masukkan ke air dingin yg bersih.
  1. Buah kuahnya. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan air (350ml atau sesuai selera), beri saos gochujang,gula aren, garam, merica, kaldu jamur, gula pasir.
  1. Tambahkan tteok, masak sampai semua matang dan kuah mengental. Saya tambahkan sambal karna menurut saya kurang pedas. Jika sudah mengental, matikan kompor. Tambahkan 1 sdm minyak wijen.
  2. Tambahan : rebus mie instan dan telur. Sajikan bersama tteobokki. Taburi dengan wijen sangrai jika suka. (Saya beri topping keju). Siap disajikan.


Toppokin ala depostpangandaran sudah jadi dan siap di hidangkan

Editor: Ardi
    Bagikan  

Berita Terkait