Kenali Berbagai Jenis Gejala Umum Kanker Payudara

Kesehatan —Jumat, 22 Dec 2023 13:44
    Bagikan  
Kenali Berbagai Jenis Gejala Umum Kanker Payudara
Ilustrasi foto unsplah/angiolaHarry

POSTPANGANDARAN.COM -  Kanker payudara biasanya terjadi pada perempuan, kanker ini juga adalah kanker yang paling banyak menyerang perempuan dan penyakit ini adalah penyakit yang banyak sekali menyerang perempuan di paling urutan teratas sebagai penyakit yang sangat mematikan.

Dan sejauh ini belum ada obat yang di percayai dapat mengatasi atau menyembuhkan kanker payudara namun jika kalian mendeteksi nya sedini mungkin maka akan cukuo membantu mengurangi resiko kanker payudara dan akan mengurangi resiko kematian akibat penyakit ini.

Ada beberapa gejala umum yang kalian bisa kenali sedini mungkin kenapa bisa menyebabkan kanker payudara diantaranya :

  1. Pembengkakan atau benjolan

Jika kalian menemukan benjolan atau pembengkakan pada payudara kalian yang terasa agak keras maka sebaiknya kalian memeriksa ii ke dokter meskipu n rasanya tidak sakit teetapi kalian harus memeriksa nya ke dokter, meskipun tidak semua benjolan mengarah ke kanker namun sebaiknya periksa dan hindari dari kanker payudara.

  1. Perubahan bentuk atau ukuran

Biasanya kanker payudara akan menyebabkan oerubahan bentuk pada satu atau kedua payudara, misalkan perubahannya ini signifikan dalam ukuran, bentuk atau teksturnya pada payudara, dan jika mengalami perubahan maka akan terlihat sangat jelas perubahannya dan kita bisa mengamatinya sehari-hari.

  1. Perubahan pada kulit payudara

Jika payudara kalian berubah warna atau bisa jadi perubahan kulit payudara berubah menjadi seperti kulit jeruk sebaiknya kalian juga memeriksa ini karena gejala kanker payudara akan berubah dari bentuk atau warnanya pada payudara.

  1. Terasa Nyeri atau sensitivitas

Biasanya sebagian peremouan akan mengalami rasa nyeri pada payudara di saat  mereka sedang menstruasi atau sebelum menstruasi, namun jika menurut kalian rasa nyerinya lebih dari pada saat akan menstruasi maka sebaiknya kalian memeriksanya, karena beberapa kasus kanker payudara bisa di setai rasa nyeri atau sensivitas.

Baca juga: DPRD Pangandaran Seminarkan 4 Buah Naskah Akademik

  1. Perubahan pada putting

Perubahan pada puting payudara, seperti keluarnya cairan dari puting tanpa tekanan atau adanya perubahan bentuk puting, bisa menjadi gejala yang perlu diperhatikan. Perubahan pada puting juga bisa ditandai dengan puting yang menjorok ke dalam tanpa sebab atau luka sebelumnya.

  1. Pembengkakan area ketiak

Jika area ketiak kalian terasa bengkak bisa jadi hal ini karena factor kanker payudara karena studi menemukan jika ada keterkaitan yang erat antara pembengkakan area ketiak dengan kesehatan payudara .

Itulah beberapa gejala umum yang bisa terjadinya kanker payudara, sebaiknya kalian jaga kondisi kalian agar hal-hal seperti ini tidak terjadi pada kalian.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari ini Kamis 21 Desember 2023, Virgo Super Beruntung, Aries Nantikan Kabar Baik Dari Pasangan

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait