Wajib Tahu! Inilah 6 Penyebab Terjadinya Mimisan Pada Orang Dewasa

Kesehatan —Jumat, 13 Oct 2023 12:03
    Bagikan  
Wajib Tahu! Inilah 6 Penyebab Terjadinya Mimisan Pada Orang Dewasa
Ilustrasi mimisan. (Unsplash / Brittany Colette)

POSTPANGANDARAN,-  Mimisan sering kali orang menganggapnya adalah hal yang serius, namun ternyata tidak semua mimisan menjadi hal yang serius. Mimisan adalah kondisi yang lazim ketika udara sedang kering, stres bahkan saat bersin terlalu keras hal ini memungkinkan kita menjadi mimisan, dan biasanya ada beberapa orang yang rentan terkena mimisan biasanya anak-anak, lansia dan ibu hamil.

Karena sebagian orang yang mengalami mimisan secara tiba-tiba biasanya menjadi khawatir terhadap kondisi kesehatannya, namun meskipun mimisan adalah hal yang wajar terjadi kalian juga tidak bisa menyepelekan atau mengabaikan kondisi tersebut.

Mimisan atau epistaknis yang merupakan salah satu konidisi yang terjadi pendarahan pada hidung, biasanya mimisan bisa terdapat pada salah satu lubang hidung, atau bisa juga kedua lubang hidung mengeluarkan darah.

Jika mimisan hanya sebentar maka kalian tidak perlu terlalu khawatir. Namun jika kalian mengalami mimisan dalam waktu yang lama mungkin hal tersebut dapat menandakan bahwa kondisi kesehatan kalian terjadi gangguan, maka dari itu sebaiknya berobat agar kita lebih tau apa yang menjadi pemicu hal itu.

Sebetulnya mimisan menjadi salah satu kondisi yang dapat di alami oleh siapa aja, pendarah yang terjadi akibat mimisan biasanya terjadi pada bagian septum hidung, hal ini menjadi salah satu pembuluh darah yang cukup rapuh, ada beberapa hal yang memungkinkan menjadi penyebab mimisan;

 

  1. Bersin terlalu keras
  2. Adanya benda asing yang masuk kedalam hidung
  3. Mengalami cedera pada bagian hidung
  4. Kondisi gangguan mental, seperti stres
  5. Penggunaan kokain
  6. Memiliki penyakit tertentu, seperti polip hidung atau tekanan darah tinggi.

Baca juga: Berikut 5 Alasan Mengapa Pria Takut Mendekati Perempuan yang Mandiri

Tidak terjadi karena itu saja, namun paparan kimia dan polusi udara juga dapar membuat hidung kita mudah iritasi dan hal itu bisa menyebabkan tingkat resiko mimisan.

Jika terjadinya mimisan pada dirumah kalian bisa melakukan hal ini untuk pengebotannya, kalian bisa langsung duduk tegak dan condong kedepan, pencet pangkal hidung dan bernafaslah melalui mulut untuk sementara waktu.

Kalian juga bisa mengkompres hidung kalian menggunakan air dingin, kondisi mimisan yang tergolong ringan biasanya akan reda dengan tindakan seperti ini.

Jika kalian mengalami mimisan yang bukan di sebabkan oleh penyakit tertentu maka kalian dapat mencegahnya dengan cara;

  • Menjaga lapisan hidung agar tetap lembab, udara yang kering biasanya akan rentan dengan mimisan, maka dari itu pastikan hidung kalian tetap lembab dengan mengoleskan petroleum jelly tipis-tipis. Kalian juga bisa menyemprotkan saline ke hidung kalian agar tetap lembab.
  • Memotong kuku, biasanya hal ini terjadi pada anak-anak karena kondisi kuku yang panjang. Maka anak-anak dapat melukai hidung mereka pada saat mengupil, hal itu bisa terjadinya luka maka rentan mengalami mimisan, sebaiknya potong kuku anak pada saat sudah mulai panjang.
  • Menggunakan pelembab udara atau humidifier dapat melawan efek udara kering dengan menambahkan kelembaban udara.

Maka dari itu jangan terlalu pannik jika mengalami mimisan, jika kita masih bisa mengatasinya sendiri, kecuali jika mimisan dengan jangka panjang sebaiknya kalian memeriksa diri kalian ke dokter.

Baca juga: 3 Tari yang Berasal dari Jawa Tengah yang Harus Kalian Ketahui

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait