Jangan Gegabah! Simak Berikut Pertolongan Pertama Atasi Nyeri Ambien

Kesehatan —Senin, 24 Jul 2023 13:35
    Bagikan  
Jangan Gegabah! Simak Berikut Pertolongan Pertama Atasi Nyeri Ambien
Halodoc.com

POSTPANGANDARAN,- Ambeien atau wasir adalah penyakit yang muncul ketika pembuluh darah di bagian bawah rektum atau anus mengalami pembengkakan akibat adanya peningkatan tekanan di bagian bawah rongga perut.

Penyakit yang dikenal dengan istilah medis hemoroid ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat, duduk terlalu lama, hingga mengangkat beban berat secara terus-menerus. Ambeien juga dapat dipicu oleh kondisi tertentu, seperti sembelit, kehamilan, hingga faktor keturunan.

Pengobatan untuk Mengatasi Ambeien

Ada beberapa pengobatan yang di kutip dari Halodoc.com bisa dilakukan untuk mengatasi ambeien, berikut beberapa metodenya:

Pengobatan Rumahan

Jika gejala wasir belum terlalu parah, pengidapnya bisa meredakan rasa sakit ringan, pembengkakan, dan peradangan dengan perawatan di rumah, seperti:

  • Makan Makanan Berserat Tinggi. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Cara ini akan melunakkan tinja dan meningkatkan volumenya, yang akan membantu kamu menghindari ketegangan yang dapat memperburuk gejala ambeien. Namun, tambahkan serat ke dalam pola makan secara perlahan untuk menghindari masalah terkait gas.
  • Gunakan Perawatan Topikal. Oleskan krim ambeien yang dijual bebas atau supositoria yang mengandung hidrokortison, atau gunakan pembalut yang mengandung witch hazel atau obat mati rasa.
  • Berendam. Pengidapnya bisa berendam secara teratur dalam bak mandi air hangat. Rendam area anus dalam air hangat biasa selama 10 hingga 15 menit dua hingga tiga kali sehari. 
  • Minum Obat Pereda Nyeri. Pengidapnya juga dapat menggunakan acetaminophen, aspirin atau ibuprofen sementara untuk membantu meringankan ketidaknyamanan.

Jika dengan perawatan ini, gejala ambeien masih sering kambuh, setidaknya dalam waktu seminggu, segera temui dokter di rumah sakit. Atau hal ini bisa dilakukan dengan lebih cepat jika terjadi gejala yang parah atau perdarahan. (SPTN)

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait