Tips Mudah Agar Awet Muda

Kesehatan —Selasa, 30 May 2023 13:35
    Bagikan  
Tips Mudah Agar Awet Muda
FOTO:*PINTEREST

POSTPANGANDARAN,- Pada dasarnya, penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada semua orang. Ini karena seiring pertambahan usia, kulit akan kehilangan elastitasnya sehingga tanda – tanda penuaan pun bermunculan, mulai dari garis halus, keriput, hingga bercak atau flek pada kulit.

Tidak sedikit orang mencoba berbagai perawatan kulit yang mahal sebagai salah satu cara awet muda. Padahal, hal tersebut dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana yang juga bisa memberikan hasil sangat baik untuk penampilan maupun kesehatan.

 

Ada beberapa cara yang dapat anda coba lakukan agar tetap terihat awet muda, yaitu :

  1. Menjalani pola makan sehat

sebagai salah satu cara awet muda. Padahal, hal tersebut dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana yang juga bisa memberikan hasil sangat baik untuk penampilan maupun kesehatan.

  1. Berolahraga secara rutin

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mulai mengendur akibat berkurangnya produksi kolagen  dan massa otot. Proses penuaan bahkan akan berjalan lebih cepat bila Anda kurang aktif bergerak.

Berolahraga secara rutin dapat membangun jaringan otot dan mencegah kulit menjadi kendur. Olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama kesehatan jantung, otak, dan tulang.

Baca juga: Viral Ichigo Daifuku Mochi Ala Jepang, Simak Resepnya!

  1. Mencukupi waktu istirahat

Cara awet muda selanjutnya adalah dengan mencukupi waktu tidur setidaknya 7–9 jam setiap hari. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan tidak cepat mengalami penuaan.

  1. Membersihkan kulit wajah secara rutin

Perawatan kulit tidak harus mahal. Anda cukup membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dan menggunakan pelembap. Jangan lupa juga untuk selalu memakai tabir surya saat beraktivitas di luar rumah.

  1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya juga bisa menjadi cara agar tetap awet muda. Kebiasaan baik ini bisa membuat kulit senantiasa lembap dan bercahaya serta terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

  1. Mengelola stress

Saat merasa tertekan dan stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini. Selain itu, stres juga bisa membuat Anda susah tidur atau kurang menjaga pola makan sehingga dapat memicu penuaan.

  1. Menghindari rokok dan minuman keras

Kebiasaan merokok dan minum minuman keras dapat membuat produksi kolagen berkurang, sehingga kulit akan lebih cepat kendur dan keriput.

  1. Membatasi aparan sinar matahri berlebih dan polusi

Makanan siap saji umumnya tinggi kalori, lemak trans, gula, garam, dan rendah nutrisi. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kolesterol dalam darah dan meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh yang membuat sel kulit cepat rusak.

  1. Menghindari paparan sinar matahari berlebih dan polusi

Hindari paparan sinar matahari terlalu lama, terutama pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Hal ini karena pada jam tersebut intensitas radiasi sinar UV akan lebih tinggi dan bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit.

 

Baca juga: Alur Cerita Drakor Doctor Cha, Jung-Suk Kembali Menjadi Seorang Dokter

 

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait