Lakukan Pertolongan Pertama Saat Tertusuk Landak Laut

Kesehatan —Minggu, 4 Dec 2022 10:15
    Bagikan  
Lakukan Pertolongan Pertama Saat Tertusuk Landak Laut
Pinterest

PostPangandaran,- Bulu babi atau yang juga dikenal dengan landak laut adalah makhluk laut kecil yang seluruh tubuhnya ditutupi oleh duri tajam beracun, landak laut bisa ditemukan dengan mudah di perairan dangkal dengan air yang hangat atau di celah-celah karang terjal.
Meski tampak menyeramkan, bulu babi bukanlah makhluk yang agresif. Duri yang tajam di seluruh tubuh hewan ini berguna sebagai pelindung dari pemangsanya, duri yang menyelimuti semua bagian makhluk laut ini cukup tajam untuk menusuk kulit, tetapi juga mudah patah.

Banyak orang yang tertusuk bulu babi ketika berenang di laut dan tidak sengaja menginjak atau menyentuh hewan laut ini, karena bentuknya yang unik membuat beberapa orang tertarik menyentuh landak laut secara langsung tanpa menyadari bahwa durinya mengandung racun berbahaya.
Jika bagian kulit tertusuk bulu babi biasanya merasakan nyeri, gatal, perih, kemerahan bahkan bisa menjadi bengkak. Namun bisa jadi cedera serius jika luka tusukannya terlalu dalam, efeknya terkena racun saat tertusuk bulu babi juga akan megakibatkan gejala seperti, nyeri otot, lemas, tidak bertenaga, syok, bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan.

Baca juga: Resep Bubur Sumsum Manis

Dalam kasus soal tertusuknya kulit dengan bulu babi yang lebih parah gejala-gejala diatas juga bisa memicu soal kegagalan pernapasan bahkan kematian, tusukan duri landak laut sering meninggalkan luka pada kulit yang dapat dengan mudah menyebabkan infeksi luka, terutama jika tidak segera diobati.

Dirangkum dari media, jika tidak sengaja tertusuk bulu babi saat sedang berenang di laut atau dipantai, segeralah ikuti langkah berikut:

Menghidar dari Lokasi
Apabila tidak sengaja tertusuk bulu babi, langkah awal yang harus dilakukan adalah menjauh dari lokasi kamu tertusuk lagi. Sebab, dikhawatirkan wilayah tersebut masih ada bulu babi lain dan kamu harus segera menghindarinya agar tidak tertusuk lagi.

Baca juga: Tiga Pemain Timnas U-20 Bergabung Latihan Sore Ini

Jangan Panik
Dengan berusaha untuk tidak panik. Setelah itu, segera menuju daratan atau naik ke kapal untuk mendapatkan pertolongan.
Siram dengan air seni kebagian luka
Meski agar jorok, tetapi ini adalah cara paling ampuh saat tertusuk bulu babi. Hal ini dilakukan karena air seni mengandung asam amoniak yang memiliki fungsi untuk menguraikan racun yang masih tertinggal di dalam kaki. Cara ini pun biasanya dipilih karena area wisata umumnya jauh dari rumah sakit atau klinik.

Berikan Cairan Antiseptik
Menyiramkan air seni ke area luka yang tertusuk bulu babi sebetulnya sudah cukup untuk mengatasinya. Namun jika kamu memiliki cairan antiseptik di tas, segeralah oleskan cairan tersebut ke lukamu. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi.

Itulah langkah pertolongan saat kamu tertusuk bulu babi. Agar terhindar dari hal yang tak terduga saat liburan, sebaiknya catat semua yang perlu kamu bawa, seperti obat-obatan dan kepentingan lainnya. Semoga bermanfaat*rin

Baca juga: Kenaikan UMP Jabar 2023, Ridwan Kamil: Selamatkan Buruh dan Dunia Usaha

Editor: Ali Akbar
								
    Bagikan  

Berita Terkait