Bukan Hanya Enak, Pisang juga Punya Banyak Manfaat Lho!

Kesehatan —Kamis, 3 Nov 2022 14:51
    Bagikan  
Bukan Hanya Enak, Pisang juga Punya Banyak Manfaat Lho!
Pisang.*(FOTO: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,- Pisang adalah salah satu buah yang banyak dijumpai di Indonesia. Buah pisang bisa dinimati dengan berbagai cara. Bisa dimakan langsung, digoreng, dikus atau juga bisa diolah dengan bahan-bahan lainnya.

Bukan hanya enak dan manis. Pisang juga ternyata memiliki banyak manfaat lho! Apa saja ya kira-kira?

Membantu atasi Hipertensi

Pisang memiliki kandungan kalium. Kalium yang terdapat di buah pisang bisa membantu mengatur keseimbangan caian dan elektorlit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak. Dengan begitu, pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat darah sehingga menyebabkan tekanan darah menignkat.

Sumber karbohidrat dan Vitamin A

Buah pisang terkenal kaya akan vitamin juga serat. Pisang memiliki dua kali lipat karbohidrat jika dibandingkan dengan apel dan lima kali lipat vitamin A didalamnya. Pisang juga kaya akan magnesium dan kalium yang dapat membantu tubuh untuk tetap bugar.

Baca juga: Hylo Open 2022: Jadwal Babak 16 Besar

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan Vitamin A, C dan B6 yang terdapat didalam buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar tidak cepat lemas.

Melancarkan Aliran Oksigen ke otak

Pisan juga kaya akan potassium, minerak yang penting untuk penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh karena itu, sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darha tinggi bisa dicegah.

Mengatasi anemia

Salah satu zat penting lain yang ada di dalam pisang adalah zat besi. Buah ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Tepatnya adalah untuk mendukung pembentukan hemohlobin, atau protein yang mengandung zat besi.

Menurunkan berat badan

Pisang memiiki kandungan karbohidrat komplek, hal ini tidak bisa menaikan kadar glukosa secara drastis. Pisang juga rendah lemak dan aman untuk yang ingin berdit.

Wah, banyak sekali ya? (PARISAINI R ZIDANIA/kemkes.go.id)

Baca juga: GBK Digunakan Piala Dunia U-20, Konser BLACKPINK Batal?

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait