Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Kesehatan —Senin, 17 Oct 2022 14:46
    Bagikan  
Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan
Daun Binahong (Foto: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,– Pernah mendengar tentang daun binahong serta manfaatnya untuk kesehatan? Daun binahong, madeira vine, atau Anredera cordifolia adalah tanaman yang berasal dari Amerika daerah tropis, Karibia, dan Asia Timur. 

Daun binahong dikenal juga bermanfaat sebagai tanaman obat yang mengandung senyawa antioksidan dan antiperadangan. Apa saja khasiatnya bagi tubuh? Simak ulasan berikut ini.

Manfaat daun binahong untuk kesehatan

Mungkin Anda tidak menyadari kalau daun binahong yang berada di halaman atau kebun, mempunyai manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Daun binahong diketahui terbukti memiliki memiliki efek anti peradangan (inflamasi), membantu mengatasi luka terbuka, serta menjaga kesehatan organ hati.

Dalam World Vegetable Center, dipaparkan bahwa daun binahong atau Madeira vine mempunyai kandungan gizi, antara lain:

  • Protein
  • Beta karoten
  • Vitamin E
  • Riboflavin
  • Flavonoid
  • Asam folat
  • Asam askorbat
  • Kalsium
  • Zat besi

Berikut adalah berbagai macam manfaat daun binahong untuk kesehatan:

  1. Meredakan jerawat

Jerawat atau acne vulgaris adalah peradangan yang terjadi pada kulit. Ada berbagai penyebab timbulnya jerawat, salah satunya ketidakseimbangan hormon.

Daun binahong bermanfaat untuk membantu meredakan jerawat pada kulit wajah, karena terdapat kandungan alkaloid, flavonoid, dan antioksidan.

Selain itu, ekstrak etanol juga bermanfaat untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat.

BACA JUGA: Spesifikasi Motor Klasik Vespa PX 150

  1. Menyembuhkan luka bakar

Daun binahong juga diketahui punya manfaat untuk luka bakar pada kulit. Selain menggunakan obat luka bakar, daun binahong dipercaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka bakar pada kulit.

Dalam jurnal Veterinary World, peneliti menggunakan 5% ekstrak daun binahong dan memasukkannya sebagai salah satu kandungan salep. Hasilnya, konsentrasi tersebut dapat membantu proses penyembuhan luka terbuka.

Hal ini berkaitan dengan kandungan metabolit sekunder dalam daun binahong, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan asam askorbat yang bermanfaat untuk penyembuhan luka.

Mengingat manfaat tanaman ini untuk menyembuhkan luka, kini sebenarnya telah banyak dijual berbagai krim atau salep binahong di pasaran untuk mengatasi luka dan gatal. Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui keamanan dan keampuhannya sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

  1. Mengatasi peradangan dan gatal

Selain membantu mempercepat penyembuhan luka, ada juga manfaat daun binahong untuk meredakan gatal akibat peradangan.

Dalam penelitian mengenai Efektivitas Daun Binahong sebagai Antiinflamasi, memaparkan bahwa efek antiinflamasi ekstrak daun binahong lebih rendah daripada asam mefenamat.

Asam mefenamat sendiri termasuk obat yang memiliki efek antiradang.

Meski demikian, uji coba pada hewan itu tetap membuktikan bahwa daun binahong punya manfaat untuk meredakan peradangan dan gatal. Efek tersebut karena adanya kandungan flavonoid, asam ursolat, dan asam oleanolik.

Sama seperti salep binahong untuk luka bakar, ada pula salep binahong untuk meredakan gatal. Namun, sebaiknya Anda konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

  1. Mencegah komplikasi diabetes

Daun binahong mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, seperti flavonoid.

Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, senyawa flavonoid dapat membantu menghambat komplikasi diabetes, salah satunya adalah katarak. Katarak dapat terjadi saat gula darah penderita diabetes tidak dikontrol dengan baik.

BACA JUGA: Negeri di Atas Awan, Nimo Highland Bandung

Ekstrak daun binahong memiliki aktivitas anti-kataraktogenik. Meski tampak menjanjikan, penelitian ini masih terbatas dilakukan pada hewan. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keamanannya terhadap manusia.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Sebenarnya, diabetes tipe 2 dapat dikendalikan dengan gaya hidup sehat. Akan tetapi, jika sudah tidak bisa, dokter mungkin akan membantu meresepkan obat diabetes atau bahkan suntik insulin untuk mengendalikan gula darah.

Selain itu, beberapa orang juga memilih minum obat herbal diabetes untuk mengendalikan gula darah. 

Salah satu obat alami diabetes yang mungkin bisa Anda konsumsi adalah daun binahong. Daun binahong diketahui bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah.

Dalam studi yang dilakukan pada hewan, peneliti memberikan ekstrak daun binahong selama 15 hari. Hasilnya menunjukkan, terjadi penurunan kadar glukosa darah pada diabetes melitus tipe 2. 

Namun, karena penelitiannya masih dalam skala kecil dan dilakukan pada hewan uji coba, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum meminumnya.

Selain itu, Anda juga tidak bisa menjadikan daun binahong sebagai pengobatan tunggal untuk diabetes. (RATIH ANJANI)

BACA JUGA: Resep Zuppa Soup ala Toscana

 

 

Editor: Ratih
								
    Bagikan  

Berita Terkait