Cegah Thalasemia, Begini Langkah Cepat Dinas Kesehatan Provinsi Jabar

Kesehatan —Rabu, 29 Sep 2021 21:17
    Bagikan  
Cegah Thalasemia, Begini Langkah Cepat Dinas Kesehatan Provinsi Jabar
Cegah Thalasemia, Begini Langkah Cepat Dinas Kesehatan Provinsi Jabar/Yuhendi

BANJAR, POSTPANGANDARAN

Penyakit Thalasemia merupakan kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal. Salah satu cara untuk mencegah seseorang terkena penyakit thalassemia yaitu melalui deteksi dini khususnya pada keluarga ring satu atau kerabat dengan anggota keluarga thalassemia.

Pengelola Program Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Aan Triardiansyah menyebutkan, dalam rangka uji coba deteksi dini pada keluarga Thalasemia di Puskesmas Langensari 2 Kota Banjar dengan sasaran keluarga ring satu yakni anak-anak atau saudara kandung yang dimiliki penyandang (thalassemia).

"Berdasarkan penelitian, sekitar 50 persen saudara kandung akan berpotensi menjadi pembawa sifat,"" ujarnya, Rabu 29 September 2021.

Deteksi dini pada keluarga dengan penyandang thalassemia, kata dia,nantinya diharapkan bisa mencegah terjadinya pernikahan antara sesama pembawa sifat yang berpotensi besar melahirkan keturunan dengan thalassemia mayor.

Baca juga: Harga Telur di Kota Banjar Anjlok, Peternak Ayam Petelur Merugi

Baca juga: Karang Potong Ocean View Cianjur, Lokasi Harga Tiket dan Fasilitas Lengkap

"Saat ini belum ada peraturan di Indonesia seperti di negara lain yang melarang penduduk menikah dengan sesama pembawa sifat. Tetapi jika sudah terlanjur suka sama suka, sebaiknya merencanakan keturunannya atau menjalani pilihan adopsi anak," saran Aan.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi PTM dan Keswa Dinas Kesehatan Kota Banjar Imas Masruroh menambahkan,
pelaksanaan scrining Thalasemia untuk ring satu di Kota Banjar dilaksanakan selama 2 hari di dua tempat yakin Puskesmas Pataruman 2 dan Puskesmas Langensari 2.

"Sebanyak 68 orang di Kota Banjar yang menjadi sasaran scrining thalasemia. Dan diharapkan setelah dilakukan scrining ini dapat diketahui keluarga ring satu thalasemia ini apakah mereka ada mempunyai sipat atau tidak," singkatnya. (Yuhendi)

Baca juga: Angka Capaian Vaksinasi di Kota Banjar Meningkat, Begini Inovasi yang Dilakukan

Baca juga: Hadiri Panen Raya Buah Jambu Air, Wali Kota Banjar : Pemerintah Akan Siapkan Lahan Seluas 16 Hektare

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait