Sejak Pandemi Covid-19 dan PPKM, Kebutuhan Oksigen di RSUD Pandega Kisaran 70-80 Tabung Per Hari

Kesehatan —Kamis, 15 Jul 2021 19:08
    Bagikan  
Sejak Pandemi Covid-19 dan PPKM, Kebutuhan Oksigen di RSUD Pandega Kisaran 70-80 Tabung Per Hari
Sejak Pandemi Covid-19 dan PPKM, Kebutuhan Oksigen di RSUD Pandega Kisaran 70-80 Tabung Per Hari (foto: ist)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Ketersediaan oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandega Pangandaran mulai menipis. Hal tersebut di sebabkan kurangnya pasokan oksigen untuk rumah sakit di Kabupaten Pangandaran.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Ahmad Marzuki menyebutkan, sejak pandemi Covid-19 dan diterapkan PPKM Darurat Jawa-Bali pasokan oksigen ke Pangandaran mengalami kendala.

"Biasanya Rumah Sakit Umum Daerah Pandega Pangandaran memiliki stok per 10 hari itu sebanyak 5,6 ton," ujarnya kepada DEPOSTPANGANDARAN, Kamis (15/07/2021).

Baca juga: 6 Wisata Ala Korea di Indonesia yang Akan Membawamu Ke Negeri Gingseng

Baca juga: Drama Korea Hospital Playlist 2 Episode 5 Sub Indo, Perpisahan Atau Pengakuan Cinta

Menurut Yani, keterhambatan pengiriman tabung oksigen terjadi sejak Minggu (27/06/2021) lalu dan sampai saat ini belum diketahui secara pasti alasan yang tepat.

"Padahal kebutuhan oksigen di RSUD Pandega sejak pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat Jawa-Bali kisaran 70-80 tabung oksigen per hari," katanya.

Bahkan, Yani mengungkapkan, dalam satu hari RSUD Pandega Pangandaran pernah terjadi sampai tidak memiliki oksigen sehingga angka kematian Covid-19 pada hari itu mencapai 7 orang.

"Pak Bupati Jeje sudah komunikasi dengan Pak Gubernur dan juga Ibu Susi Pudjiastuti untuk mempermudah mendapatkan oksigen," ungkapnya,

RSUD Pandega Pangandaran, kata dia, memiliki tangki oksigen dan mampu menampung sebanyak 11 ton oksigen untuk 11.000 Meter³.

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Romantisnya Aldebaran Menjadi Suami Siaga untuk Andin, Jangan Baper!

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Jumat 16 Juli 2021, Leo Bertukar Pikiran Capricorn Butuh Kepastian

Sementara itu, Direktur RSUD Pandega Pangandaran Asep Kemal mengaku, bahwa hari ini Kamis (15/07/2021) pihaknya mendapat kiriman 100 tabung oksigen eceran yang diprediksi hanya cukup menutupi kebutuhan selama 2 hari.

"Sebanyak 100 tabung oksigen eceran itu kiriman yang di antaranya dari Pemprov Jabar sebanyak 7 tabung, dari Tangerang 30 tabung dan dari Tasikmalaya 63 tabung," terang Asep.

Dia berharap, angka kasus Covid-19 di Pangandaran tidak mengalami kenaikan, dan juga berharap pasokan oksigen ke RSUD Pandega segera terealisasi.

"Rencananya besok Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat akan mengirim sebanyak 6.500 M³ dan dari PT Krakatau Steel. Soal kendala yang menyebabkan pasokan oksigen liquid ke RSUD Pangandaran terhambat saya pun tidak tahu," pungkasnya. (Deni)

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 15 Juli 2021, Sagitarius Mengubur Luka, Pisces Menyalahkan Orang Lain

Baca juga: Jaga Kondusifitas, Pimpinan Ponpes Bantargedang Imbau Alumni dan Masyarakat Tenang

Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait