6 Tips Bangun Pagi Tanpa Ketiduran Lagi

Kesehatan —Selasa, 22 Jun 2021 15:07
    Bagikan  
6 Tips Bangun Pagi Tanpa Ketiduran Lagi
pinterest

PANGANDARAN,DEPOSTPANGANDARAN

Bagi sebagian banyak orang, bangun pagi setiap hari adalah sebuah hal mustahil atau jarang . Bahkan, meski sudah menghalalkan segala cara, Anda tetap kesulitan untuk bangun pada pagi hari. Padahal, bangun pagi dapat membuat Anda merasa lebih bahagia. Nah, jika Anda termasuk orang yang susah untuk bangun, berbagai tips berikut ini mungkin dapat membantu. Apa saja?

Berikut ini adalah beberapa cara agar Anda bisa bangun lebih pagi, yaitu:

1. Minum segelas air hangat
Ternyata, ada banyak manfaat minum air hangat sebelum tidur, di antaranya, dapat meningkatkan mood saat bangun serta membantu tidur lebih cepat. Selain itu, masih banyak manfaat lainnya bagi kesehatan.⁣

2.Letakkan alarm berjauhan dari tempat tidurmu⁣
Dengan meletakkan alarm jauh dari tempat tidurmu, kamu akan memaksa dirimu untuk turun dari tempat tidur untuk mematikannya di pagi hari. Kamu bisa letakkan alarm dekat jendela atau saklar lampu, sehingga kamu dapat membuka jendela atau menyalakan lampu untuk mencegahmu kembali tidur.⁣

Baca juga: Guys, Pemarah dan Agresif Merupakan Salah Satu Ciri Orang yang Kurang Kasih Sayang ini Penjelasnnya

3.Cari alasan untuk bangun pagi

Coba pikirkan baik-baik, apa motivasi Anda untuk meninggalkan kebiasaan bangun kesiangan dan bangun lebih pagi? Alasan setiap orang mungkin berbeda-beda.

Bisa jadi, Anda ingin bangun pagi agar tidak terlambat beribadah, tidak terburu-buru saat pergi ke kantor, atau agar bisa rutin berolahraga pagi. Selain itu, masih banyak sekali alasan mengapa Anda ingin bangun lebih awal.

Untuk mewujudkannya, hal yang terpenting adalah menanamkan dalam pikiran apa alasan yang Anda miliki untuk mengubah kebiasaan tersebut. Setelah itu, Anda bisa memberi tahu kepada orang sekitar (atau paling tidak yang tidur di dekat Anda) tentang kebiasaan baru yang ingin Anda terapkan ini.

Percaya atau tidak, cara ini sama efisiennya dengan jam beker untuk membantu Anda bangun pada pagi hari. Ini artinya, jika awalnya Anda masih kesulitan untuk bangun lebih awal, setidaknya orang sekitar akan membantu membangunkan Anda. Lambat-laun Anda akan terbiasa untuk bangun lebih pagi, sehingga cara ini akan bekerja dengan efektif.

4. Tidur lebih awal dari jam biasanya

Salah satu cara agar Anda bisa bangun lebih awal adalah dengan tidur lebih awal juga. Pasalnya, hampir tidak mungkin untuk bisa bangun pagi jika Anda begadang.

Ya, cobalah untuk tidur lebih awal dari biasanya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jam tidur sehingga Anda tak perlu lagi merasa senewen setiap kali alarm berbunyi.

Apabila hari ini Anda tidak begitu lelah dan tetap sulit untuk tidur, Anda bisa membaca beberapa halaman buku, terutama buku-buku dengan pembahasan yang berat.

Bagi sebagian orang, hal tersebut efektif untuk membuat mereka tidur lebih cepat. Mendengarkan musik klasik penghantar tidur juga bisa jadi tips efektif bangun lebih awal.

Baca juga: Pantai Muaragatah di Cimerak Pangandaran, Objek Wisata yang Masih Terjaga Keasrianya

Alunan musik yang menenangkan ini bisa membuat Anda tidur lebih cepat, sehingga bangun pagi tidak lagi jadi perkara yang sulit.

Akan tetapi, jika Anda mengalami gangguan tidur, seperti insomnia, yang membuat Anda terjaga sepanjang malam hingga kurang tidur sehingga tak bisa bangun pagi, cobalah periksakan kondisi tersebut ke dokter.

5. Buat suasana kamar lebih nyaman

Kamar yang nyaman memungkinkan Anda tidur lebih nyenyak dan bangun tidur dengan semangat. Jika Anda sering gagal untuk bangun pagi, coba cek lagi suasana kamar Anda.

  • Apakah berantakan?
  • Apakah warna dinding atau nunasa kamar terlalu mencolok?
  • Apa kualitas kasur dan seprai yang digunakan kurang baik?
  • Apakah suhu kamar Anda tidak idea?
  • Apakah Anda tidur di area yang bising?

Tanpa disadari, berbagai hal tersebut bisa membuat Anda susah tidur. Maka dari itu, supaya Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga bisa bangun pagi setiap hari, pastikan penataan kamar Anda sudah baik.

Baca juga: Ramalan Zodiak Karier Hari ini Selasa 22 Juni 2021, Aries Bahagia, Gemini Susah Bahagia

 6.Keluar dari kamar sebagai bangun pagi

Saat terbangun dari tidur, sebaiknya segeralah keluar dari kamar Anda. Contohnya, pergi ke kamar mandi, atau pergi mengambil air mineral. Percaya atau tidak, cara ini cukup efektif untuk membantu Anda bangun pagi.

Pasalnya, hal tersebut akan mencegah Anda untuk kembali tidur setelah mematikan alarm. Menurut Sleep Advisor, semakin lama keluar dari kamar, Anda akan semakin siap untuk menghadapi hari.

Hal ini tentu saja membantu Anda untuk memulai aktivitas pada pagi hari tersebut, alih-alih kembali tidur. Awalnya, hal ini mungkin bukan perkara mudah bagi Anda.

Akan tetapi, dengan tekad yang kuat dan kedisiplinan yang besar, Anda tentu bisa melakukannya. Lama-kelamaan, cara ini akan menjadi kebiasaan, sehingga Anda tidak lagi kesulitan untuk bangun lebih awal.

 

 

Editor: Ardi
    Bagikan  

Berita Terkait