Berenang Dilaut Pangandaran Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit

Kesehatan —Sabtu, 12 Jun 2021 21:34
    Bagikan  
Berenang Dilaut Pangandaran Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit
Berenang Dilaut Pangandaran Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit (foto: Deni Rudini)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Pengunjung yang sedang berlibur ke Pantai Pangandaran pasti melakukan aktivitas berenang di laut. Namun, ternyata berenang dilaut Pangandaran itu selain sebagai kesenangan saat berwisata juga baik untuk kesehatan kulit.

Ada berbagai manfaat yang didapat dari berenang di air laut untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Padahal, air laut itu memiliki kandungan mineral seperti natrium, klorida, sulfat, magnesium dan kalsium. Dan bahkan sudah lama air laut digunakan untuk terapi medis yang dikenal dengan thalassotherapy.

Salah seorang wisatawan asal Bandung, Agus Susanto menyebutkan, bahwa dirinya kerap berwisata ke objek wisata saat libur kerja untuk rekreasi bersama keluarga.

"Berbagai daerah wisata yang ada di Jawa Barat yang menjadi tujuan prioritas adalah pantai Pangandaran. Selain bisa berenang, juga ada beberapa manfaat yang bisa didapat untuk kesehatan," ucap Agus kepada DEPOSTPANGANDARAN, Sabtu (12/06/2021).

Baca juga: Rindu Tanah Suci Makkah, Inilah Ungkapan Hati Warga Pangandaran

Baca juga: Drama Korea Doom at Your Service Episode 5 Sub Indo, Kesedihan dan Kebahagiaan Berdampingan

Selain dia dan keluarga, rekan-rekan kerjanya juga banyak yang datang bersamaan ke pantai Pangandaran karena meraka juga ada yang memiliki pengalaman pribadi.

"Dari salah satu rekan yang pernah saya ajak ke Pangandaran dan berenang ada yang memiliki penyakit kulit. Namun, setelah selesai berenang tanpa disadari penyakit kulit yang dia alami sembuh," ungkapnya.

Karena berkeyakinan kesembuhan penyakit kulitnya setelah mandi dilaut, kata dia, selang dua minggu setelah itu rekannya itu kembali ke Pangandaran untuk berenang.

"Lantaran penyakit kulitnya sembuh setelah berenang di laut Pangandaran, maka mereka setiap libur kerja pasti mainnya kesini (Pangandaran,red)," tuturnya.

Berdasarkan referensi, ada tiga manfaat berenang dilaut untuk kesehatan di antaranya, meredakan sinusitis, meringankan psoriasis dan menyehatkan mental.

Baca juga: Termasuk Lobster, Ini dia 6 Seafood Termahal Sedunia yang Harganya Bikin Pingsan

Baca juga: Resep masakan, cara membuat es dawet manis dan segar khas depostpangandaran

Meredakan sinusitis karena air laut mengandung garam dan mineral yang dapat menurunkan gejala sinusitis serta masalah pernapasan.

Orang-orang yang hidup dekat laut atau sering berenang di laut memiliki sistem pernapasan yang sehat karena air laut dinilai dapat membersihkan lapisan saluran udara atau sebagai irigasi hidung.

Kandungan garam bersifat antiseptik dan membantu mengurangi peradangan pada lapisan sinus.

Sementara air laut juga meringankan psoriasis sebab di air laut kaya akan mineral alami untuk meringankan gejala psoriasis.

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit bisa berupa ruam, bersisik, kulit sangat kering, atau terkadang terasa gatal pada kulit.

Air laut yang mengandung magnesium dipercaya dapat meningkatkan kelembaban kulit karena garam dan mineral berlimpah di air laut.

Air laut juga bisa menyehatkan mental karena muncul rasa senang dan bahagia sangat membantu melepaskan stres. (Deni)

Baca juga: Resep masakan, cara membuat soto khas pangandaran

Baca juga: UEA Tumbangkan Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan Skor 5-0

Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait