Kenapa Jadi Sering Mimpi Buruk Semenjak Hamil, Ini dia Alasannya!!

Kesehatan —Senin, 24 May 2021 14:18
    Bagikan  
Kenapa Jadi Sering Mimpi Buruk Semenjak Hamil, Ini dia Alasannya!!
pinterest

PANGANDARAN,DEPOSTPANGANDARAN

Bumil mungkin pernah mengalami mimpi aneh saat hamil. Hal unik ini sering kali dikaitkan dengan mitos tertentu yang belum tentu benar adanya. Namun, tahukah Bumil bahwa mimpi aneh saat hamil sebetulnya bisa diartikan secara psikologis?

Selama mengandung, bukan hanya kondisi fisik Bumil yang mengalami perubahan, melainkan juga pola tidur serta kondisi emosional dan psikologis. Percaya atau tidak, berbagai perubahan tersebut diduga turut berpengaruh dalam memunculkan fenomena mimpi aneh atau mimpi buruk yang Bumil alami ketika tidur.

Mimpi, baik itu yang indah maupun yang buruk, sebenarnya merupakan hal yang bisa terjadi setiap hari. Namun, kebanyakan dari kita langsung melupakan mimpi-mimpi itu ketika bangun.

Perubahan hormon saat hamil tidak hanya memengaruhi bentuk badan dan emosi, tapi juga bisa memicu perubahan pola tidur ibu hamil. Misalnya, Bumil jadi sering terbangun di tengah tidur. Hal inilah yang membuat wanita hamil mudah mengingat mimpi-mimpinya sehingga seakan-akan ia lebih sering bermimpi dari biasanya.

Terlepas dari perubahan hormon yang terjadi, kehamilan sendiri adalah sebuah pengalaman yang penuh dengan emosi, mulai dari bahagia, cemas, khawatir, sedih, dan takut, apalagi pada kehamilan pertama.

Baca juga: Seks Dipagi Hari Jarang Dilakukan Suami-Istri,Pedahal seks Dipagi Hari Itu Sangat Banyak Manfaatnya Lohh.

Nah, mimpi merupakan cara tubuh untuk berkompromi dengan emosi-emosi itu. Kemunculan mimpi buruk saat hamil merupakan cerminan perasaan dan pikiran Bumil yang negatif. Namun, hal ini malah bisa membantu Bumil mengolah informasi dan memahami perasaan Bumil lebih baik. Jadi jangan khawatir, ya, Bumil.

dugaan mimpi buruk saat hamil

Mimpi saat hamil bisa berubah-ubah, sesuai dengan apa yang Bumil alami pada siang hari dan perubahan yang terjadi pada janin dan tubuh Bumil. Berikut ini adalah tafsiran para ahli mengenai kemungkinan arti mimpi buruk atau aneh yang sering dialami wanita hamil:

1.mimpi tentang air

Mimpi tentang air adalah tema yang paling sering dialami wanita hamil terutama di awal kehamilan. Misalnya, mimpi berenang sendiri di lautan luas atau melihat bayi mengapung di air. Mimpi ini diduga muncul oleh karena pikiran alam bawah sadar wanita hamil tentang rahimnya yang terus berkembang dan terisi oleh cairan ketuban.

2.mimpi jatuh dari ketinggian

Jika Bumil pernah mimpi jatuh dari ketinggian atau terjebak dalam sebuah ruangan, bisa jadi ada perasaan takut kehilangan kebebasan pada diri Bumil. Selain jatuh dari ketinggian, perasaan ini juga bisa digambarkan dengan mimpi sedang kabur atau mimpi terjebak dalam suatu ruangan.

3.mimpi berkendara 

Mimpi ini bisa jadi menggambarkan perasaan Bumil yang sedang beralih dari satu fase hidup ke fase lain, yaitu menjadi orang tua. Jika perjalanan di dalam mimpi Bumil terasa sulit atau Bumil tersesat, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Bumil masih merasa cemas akan hal-hal yang tidak diketahui di masa depan.

Baca juga: Mitos atau Fakta Bersiul Tengah Malam Dapat Mendatangkan Mahkluk Halus

4.mimpi melukai bayi

Mimpi menjatuhkan bayi atau meninggalkan bayi di tempat yang berbahaya juga sering dialami oleh seorang wanita hamil. Mimpi ini biasanya timbul dari perasaan cemas apakah ia bisa merawat bayi dengan baik.

5.mimpi binatang

Bisa jadi ini merupakan tanda Bumil sedang memasuki masa persiapan untuk mengasuh bayi dalam kandungan. Jika di dalam mimpi itu Bumil merasa takut oleh binatang kecil, kemungkinan tanpa disadari Bumil masih belum sepenuhnya merasa siap menjadi ibu.

 

Editor: Ardi
    Bagikan  

Berita Terkait