Seram, Mitos Keangkeran Jalan Cadas Pangeran di Sumedang

Horor —Minggu, 14 Nov 2021 13:58
    Bagikan  
Seram, Mitos Keangkeran Jalan Cadas Pangeran di Sumedang
Seram, Mitos Keangkeran Jalan Cadas Pangeran di Sumedang - pinterest

POSTPANGANDRAN- Sumedang, Jawa Barat. Siapa yag tidak mengetahui nama daerah itu? Selain terkenal dengan Tahunya yang khas, Sumedang juga dikenal dengan salah satu jalan yang konon katanya sering mencari tumbal.

Jalan Cadas Pangeran belokasi diantara dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pamulihan dan Kecamtan Sumedang Selatan. Cadas Pangeran dibangun pada sekitar tahun 1808.

Meski sudah dibangun sejak lama, jalan ini hingga saat ini masih tetap berdiri kokoh menjadi alses untuk menggerak perekonomian rakyat Jawa Barat.

Jalan Cadas Pangeran ini dibangun atas inisiatif Gubernur Jenderal Belanda, Deandels. Menurut sejarah, jalan ini dibangun dengan mempekerjakan paksan ribuan rakyat setempat. Katanya, banyak sekali pekerja yang meninggal saat proses pembangunan Jalan Cadas Pangeran.

Penyebab meninggalnya para pekerja ini bermacam-macam. Ada yang kelelahan, diserang penyakit dan ada juga yang diserang binatang buas. Konon katanya, arwah para pekerja masih sering bergentayangan di sekitar Jalab Cadas Pangeran.

Tidak hanya itu, kondisi jalan yang gelap,sisinya jurang dan berada di tengah hutan menjadikan Jalan Cadas Pangeran sering dijadikan tempat “pembuangan” mayat-mayat korban pembunuhan. Ritual demi ritual pun sering dilakukan di area ini agar Jalan Cadas Pangeran aman dari gangguan arwah-arwah penasaran yang menganggu pengguna jalan.

Mitos yang paling terkenal di masyarakat adalah, ketika seorang pengendara motor melintasi Jalan Cadas Pangeran, maka motornya akan tiba-tiba mogok di tengah jalan. Konon saat motornya sudah mogok,mereka akan melihat sesosok bayangan berwarna hitam, dengan bulu seperti tikut di sekujur tubuhnya.

Baca juga: Yana D Putra Buka Turnamen Volly Ball Pervos Cup CIAMIS

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Senin 15 November 2021, Taurus Lakukan Terbaik Leo Terlalu Cinta

Namun ketika pengendara motor berusaha melihat dengan jelas, bayangan tersebut akan berubah menjadi semakin besar dan tinggi.

Mitos lain dari jalan Cadas Pangeran ini juga adalah mitos tentang sesosok wanita yang meminta tumpangan. Konon, ada sesosok wanita di ujung jalan yang suka meminta tumpangan kepada pengendara yang melintas. Yang menjadi targetnya biasanya adalah pria.

Wanita tersebut biasanya meminta tumpangan dengan malu-malu, para pria yang kasihan biasanya akan luluh dan memberikan tumpangan pada wanita tersebut. Katanya, jika sudah sampai di tempat yang wanita itu tuju, maka wanita tersebut akan menampakan wajah aslinya.

Setelah menampakan wajah aslinya, para korban biasanya akan pingsan ditempat dan akanm ditemukan pada keesokan harinya ditengah hutan sambal memeluk pohon.

Tak cukup sampai disitu, salah satu mitos yang paling dikenal di kawasan ini juga adalah mitos untuk melempar rokok. Konon, para pengendara yang melewati jalan tersebut harus melemparkan rokok.

Rokok yang dilempar harus sudah dinyalakan terlebih dahulu. Menurut masyarakat sekitar, hal itu dilakukan untuk meminta izin kepada “penunggu” agar saat melintasi jalan tersebut tidak diganggu.

Tulisan diatas belum dipastikan kebenarannya dan pembaca agar dapat mengambil hikmah dari semua kejadian , dimohon tidak mengikuti hal yg menyebabkan menyesatkan dan menimbulkan kerugian , semua tulisan diatas sekedar fiksi belaka.

Baca juga: Keindahan Air Terjun Jumog bak Lukisan di Karanganyar

Baca juga: Situ Gunung Bridge and Curug Sawer Travel Trails in Sukabumi


Editor: Ajeng
								
    Bagikan  

Berita Terkait