Simon Leviev, Siapa Dia?

Hiburan —Minggu, 2 Oct 2022 19:11
    Bagikan  
Simon Leviev, Siapa Dia?
Simon Leviev.*(FOTO: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,- Belum lama ini Netflix merilis sebuah film documenter berjudul The Tinder Swindler. film ini merupakan film documenter yang menceritakan kisah seorang pria bernama Simon Leviev yang menipu banyak wanita lewat aplikasi Tinder.

Dari keterangan wanita korban Simon, ia di ketahui melakukan penipuan sebanyak 10 Juta US Dollar atau sekitar 143,7 miliar.

Siapakah Simon Leviev itu? Ia diketahui memiliki nama asli Shimon Hayut  yang besar dan tinggal di sebuah kota kecil Bnei Brak, yang terletak di  timur Tel Aviv di Israel. Ia mengubah namanya menjadi Simon Leviev agar bisa berpura-pura menjadi putra taipan berlian Israel bernama Lev Leviev.

Tapi tidak cukup sampai disitu, ia juga kerap menggunakan nama lainnya untuk menipu para calon korbannya.

Simon diketahui melarikan diri dari Israel pada tahun 2011 karena diduga melakukan kejahatan yang berkaotan dengan penipuan. Leviev akhirnya pindah ke Finlandia, tempat pertama ia memulai skema dalam film documenter Tinder Swindler Netflix. Tahun 2011, Simon baru berusia 20-an.

Baca juga: Creepypasta, Festival Bagian 1

Hal itu membuat ia bertemu dengan wanita di Tinder dan meyakinkan merka bahwa ia adalah pewaris kaya dan mulai hubungan jarak jauh dengan mereka. Hingga pada akhirnya, ia mengaku kepada para wanita itu jika hidupnya berbahaya dan membutuhkan uang.

Masuk tahun 2015, ia menjalani dua tahun masa penjara di Finlandia lalu dibebaskan pada tahun 2017, Simon kembali ke Israel. Sebelum Simon ditangjap, ia kembali melarikan diri ke Eropa dan memulai aksinya lagi.

Masuk di tahun 2019, Simon ditangkap di Yunani dengan menggunakan paspor palsu dan di ekstradisi ke Israel. Simon membantah semua tuduhan terhadapnya. Namun pada Desember 2019, ia dihukum karena kasus pencurian, penipuan dan pemalsuan dokumen.

Simon dijatuhi hukuman 15 tahun penjara namun hanya menjalani 5 bulan waktu penjara yang sebenarnya setelah dibebaskan karena perilaku yang baik.

Sejak 2film The Tinder Swindler tayang di Netflix, Simon masih aktif di Tinder, meskipun sekarang akunnya sudah di blokir oleh Tinder. Beberapa waktu lalu juga, Simon terlihat aktif di instagramnya dengan jumlah pengikut lebih dari 200 orang. Meskipun sudah tidak aktif juga. –zz-

Baca juga: Derbi Jatim Arema FC Vs Persebaya , Memakan 127 Korban Meninggal, Begini Kronologisnya

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait