Simon Leviev, Sang Penipu Jutaan Dolar

Hiburan —Minggu, 20 Feb 2022 14:11
    Bagikan  
Simon Leviev, Sang Penipu Jutaan Dolar
simon Leviev

POSTPANGANDARAN,- Belum lama ini Netflix merilis sebuah film dokumenter berjudul The Tinder Swindler. Film documenter ini mengisahkan seorang pria bernama Simon Leviev yang menipu banyak wanita lewat aplikasi Tinder. Dari keterangan salah satu korban Simon, ia diketahui melakukan penipuan sebanyak USD 10 Juta atau sekitar Rp 143,7 miliar. Fantastis! Dan itu semua digunakan untuk memenuhi gaya hidupnya yang tinggi.

Siapakah Simon Leviev itu? Ia diketahui memiliki nama asli Simon Hayut yang besar dan tinggal di sebuah kota kecil Bnei Brak. Kota ini terletak di timur Tel Aviv di Israel. Ia mengubah namanya menjadi Simon Leviev agar bisa berpura-pura menjadi putra taipan berlian Israel bernama Lev Leviev. Ia juga kerap menggunakan nama lainnya untuk menipu para calon korbannya.

Simon diketahui melarikan diri dari Israel pada tahun 2011 karena diduga melakukan kejahatan yang berkaitan dengan penipuan. Leviev akhirnya pindah ke Finlandia, tempat ia pertamakalinya memulai skema penipuan. Saat itu, di tahun 2011, Simon baru berusia 20-an.

Ia bertemu dengan wanita di Tinder dan meyakinkan mereka bahwa ia adalah pewaris kaya dan mulai hubungan jarak jauh dengan mereka. Hingga pada akhirnya, ia mengaku kepada para wanita itu jika hidupnya berbahaya dan membutuhkan uang.

Masuk tahun 2015, ia menjalani dua tahun masa penjara di Finlandia lalu dibebaskan pada tahun 2017. Simon kembali ke Israel. Sebelum Simon ditangkap, ia kembali melarikan diri ke Eropa dan memulai aksinya lagi.

Baca juga: Dari Rahasia Jadi Cinta dalam “Love and Leashes”

Masuk di tahun 2019, Simon ditangkap di Yunani dengan menggunakan paspor palsu dan diekstradisi ke Israel. Simon membantah semua tuduhan terhadapnya. Namun pada Desember 2019, ia dihukum karena kasus pencurian, penipuan dan pemalsuan dokumen.

Simon dijatuhi hukuman 15 tahun penjara namun hanya menjalani 5 bulan waktu penjara yang sebenarnya setelah dibebaskan karena perilaku yang baik.

Sejak film The Tinder Swindler tayang di Netflix, Simon masih aktif di Tinder, meskipun sekarang akunnya sudah diblokir oleh Tinder. Beberapa waktu lalu, Simon terlihat aktif di instagramnya dengan jumlah pengikut lebih dari 200 orang. –zz-

Baca juga: “Thirty Nine” Episode 2, Seon Wo Ungkapkan Perasaan

Editor: Putri
								
    Bagikan  

Berita Terkait