Asal-Usul Santa Claus

Hiburan —Senin, 17 May 2021 12:11
    Bagikan  
Asal-Usul Santa Claus
pinterest

PANGANDARAN,DEPOSTPANGANDARA

Santa claus.

siapa sih yang ga kenal santa pastinya semua kenal dong apa lagi umumnya umat krisiani

Karna santa clause sangat di tunggu banyak orag pada hari besar Kristian ata hari besar natal pada 25 desember karna santa clause suka memberi hadiah pada anak kecil atau pada orang orang yang berbahagia.

Santa berasal dari tokoh dalam cerita rakyat di Eropa yang berasal dari tokoh Nikolas dari Myra, adalah orang Yunani kelahiran Asia Minor pada abad ketiga masehi di kota Patara (Lycia et Pamphylia), kota pelabuhan di Laut Mediterania, dan tinggal di Myra, Lycia (sekarang bagian dari Demre, Turki). Ia adalah anak tunggal dari keluarga Kristen yang berkecukupan bernama Epiphanius (Ἐπιφάνιος) dan Johanna (Ἰωάννα) atau Theophanes (Θεοφάνης) dan Nonna (Νόννα) menurut versi lain. Nikolas adalah seorang uskup yang memberikan hadiah kepada orang-orang miskin.

“Santa Claus” sebenarnya nama yang diberikan kepada St. Nicholas, yang merupakan uskup dari Myra di abad ke-4. Ia dikenal sebagai orang yang murah hari dan mau membantu siapa saja. Setelah ia meninggal, kisah tentang kemurahhatianya tersebar di seluruh dunia dan ia mulai disebur sebagai “Sinter Klass” di Belanda. Selanjutnya, istilah tersebut berubah menjadi “Santa Claus” di Amerika Serikat yang hingga saat ini dikenal seluruh dunia.

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Riki Semakin Gencar Balas Dendam Elsa Semakin Terancam


Lalu, bagaimanakah sejarah dari sosok Sinterklas yang sampai saat ini identik dengan perayaan Natal?

Santa Claus sejatinya mempunyai banyak sebutan yang berbeda-beda, ada Sinterklas, Saint Nicholas, Kris Kringle, Father Christmas, dan Santa. Kebanyakan orang mengira Sinterklas berasal dari Kutub Utara. Namun, sosok ramah dan pemberi hadiah kepada anak-anak ini sebenarnya adalah sebuah legenda dalam cerita rakyat bagi sebagian besar masyarakat Eropa.

Sinterklas diketahui merupakan representasi dari tokoh Saint (Santo) Nicholas yang hidup circa abad ke-4 Masehi. Dikutip dari Ensiklopedi Gereja (2005) yang disusun Adolf Heuken, Sinterklas adalah seorang uskup dari Kota Myra, wilayah kecil yang pernah menjadi bagian kekuasaan bangsa Romawi, tepatnya di wilayah Turki.

Setiap tanggal 6 Desember, Saint Nicholas atau Santa mengadakan pesta serta menyediakan banyak hadiah untuk diberikan kepada anak-anak. Tidak hanya sebatas itu, orang yang dinilai sedang mengalami kesusahan dan membutuhkan pertolongan akan ia bantu sepenuh hati. Saking baik hatinya, Meg Cabot dalam Holiday Princess (2005) mengatakan juga Saint Nicholas dianggap sebagai orang suci.

 

 

Editor: Ardi
    Bagikan  

Berita Terkait