Ini Dia Alasan Liburan Tanpa Gadget Ternyata Lebih Asik, Coba Aja!

Hiburan —Minggu, 9 May 2021 09:18
    Bagikan  
Ini Dia Alasan Liburan Tanpa Gadget Ternyata Lebih Asik, Coba Aja!
Gadget dengan berbagai fiturnya, memang bisa mendekatkan yang jauh. Tapi jangan sampai malah menjauhkan yang dekat. (Foto: Unsplash)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Akhir pekan adalah waktu yang sangat ditunggu oleh kebanyakan orang. Pasalnya akhir pekan biasa digunakan untuk berlibur dan berkumpul bersama keluarga, sahabat, dan kerabat. Tentunya momen kebersamaan ini harus kita lalui dengan penuh suka cita agar tecipta quality time bersama orang terkasih.

Namun, saat ini kehadiran smartphone, tablet dan perangkat gadget lainnya sudah menjadi salah satu kebutuhan paling penting bagi kehidupan orang-orang modern saat ini. Semua aktivitas yang dilakukan pasti tak bisa lepas dari gadget, terutama saat liburan.

Baca juga: Mengenal Bipang Ambawang, Makanan yang Dipromosikan Jokowi Hingga Menuai Kontroversi

Padahal, banyak hal seru yang bisa didapat tanpa gadget. Tak ada salahnya membawa gadget saat liburan. Seperti kamera untuk memotret, atau ponsel agar mudah dihubungi. Tapi, jangan sampai kita terus memegang gadget sepanjang liburan, apalagi jika sekedar hanya melihat timeline sosial media.

Mengapa hal ini menjadi sangat penting, karena dewasa ini banyak diantara kita yang sudah “kecanduan” gadget. Bahkan pada gejala yang sudah parah, kecanduan gadget ini bisa mengakibatkan seseorang menjadi tidak respect terhadap kejadian di sekitar, karena terlalu fokus pada gadget. Dan berikut ini DepostPangandaran akan berbagi beberapa alasan kenapa Anda harus coba liburan sambil lepas gadget.

Baca juga: Bulan Puasa Malah Mesum, 24 Orang di Karapyak Pangandaran Diamankan

Alam Lebih Indah Dilihat Langsung oleh Mata

Coba ingat lagi, seberapa sering Anda melihat pemandangan dari layar smartphone atau tab. Saat merasa itu indah, bukannya menikmati dengan panca indera, Anda malah buru-buru mengambil smartphone atau tab dan memotretnya. Selesai memotret, seringnya malah sibuk mengedit untuk diunggah ke sosial media.

Setelah puas mengunggah dan melihat berapa likes yang didapatkan, maka Anda akan pergi dari sana. Sudah pasti esensi menikmati pemandangan alam pun akan tergantikan oleh kesibukan dengan smartphone.

Baca juga: Ramalan Zodiak Capricorn Hari Ini Minggu 9 Mei 2021, Butuh Seorang Pendengar

Padahal sejatinya, menikmati pemandangan alam dengan mata telanjang, bukan melalui kamera smartphone atau tab, itu jauh lebih baik. Karena indahnya pemandangan yang tersimpan di dalam memori otak itu jauh lebih dari pada yang tersimpan di memori posel atau smartphone. Tidak ada salahnya memotret satu atau dua kali, tapi segeralah simpan gadget setelah itu. Nikmati keindahan pemandangan saat dekat dengan alam dengan mata telanjang.

Liburan Tanpa Gadget Membuat Lebih Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Baca juga: Di Wilayah Aglomerasi Jawa Barat, Pemerintah Melarang Mudik Lokal

Semua orang bisa liburan namun tidak semua bisa menikmati perjalanan mereka. Faktor yang membuat kita menjadi tidak fokus dengan liburan adalah karena terlalu sibuk mantengin layar gadget. Tidak hanya sekedar mengunggah foto-foto namun juga sibuk chating, kemudian membalas komentar teman di foto yang baru diunggah dan seterusnya. Kegiatan di dunia maya nampaknya akan terus datang tidak ada habisnya.

Jika sudah seperti ini ada baiknya kita Setting smartphone pada mode penerbangan dan masukkan ke dalam saku selama liburan. Liburan free gadget bukan berarti Anda tidak membawa gadget sama sekali. Namun dengan benda-benda itu, banyak hal yang bisa Anda dapatkan dengan sejenak berpaling dari perangkat elektronik tersebut. Dengan begitu kita akan lebih fokus pada lingkungan sekitar.

Baca juga: Antonio Conte, Internazionale, dan “Sisa-Sisa Laskar Pajang”

Berbincang Langsung Lebih Asyik Daripada di Dunia Maya

Ketika kamu memutuskan untuk pergi berlibur bersama keluarga atau teman-teman maka ciptakanlah quality time dengan mereka. Tapi mengapa kebanyakan dari kita malah sibuk dengan orang lain di sosial media yang berada jauh dari hadapan kita. Perhatikan berapa banyak dari kita yang lebih memilih sibuk meladeni chatingan dengan orang lain yang berada jauh dari kita. Ketimbang ngobrol dengan orang-orang yang berada dekat dengan kita.

Baca juga: Ramalan Zodiak Scorpio Hari ini Minggu 9 Mei 2021, Motivasi Diri Sendiri

Jika sudah seperti ini, simpan dulu ponsel dan segala gadget yang Anda bawa, abaikan semua chatingan orang lain diluar mereka yang ada di hadapan Anda. Mulailah melakukan obrolan ringan dengan orang-orang di sekitar. Dengan begitu, tema-tema pembicaraan seru dan nuansa kehangatan pun akan muncul. Dengan begitu Anda akan sadar jika mengobrol langsung itu lebih asyik karena Anda bisa bertatap muka langsung dan melihat gerak tubuh lawan bicara yang kadang mengundang gelak tawa dan menumbuhkan kembali ikatan emosional.

Liburan Tanpa Gadget akan Membuat Insting Terasah

Baca juga: Link Streaming Drama Korea Mine Episode 1 Sub Indo, Perempuan Crazy Rich

Insting manusia untuk survive kadang menjadi berkurang lantaran setiap hari dimudahkan oleh teknologi. Contoh, dengan adanya peta digital dan GPS, orang akan terbelenggu di dalam zona nyaman karena tidak perlu repot membaca peta manual atau tidak usah bertanya pada orang lain mengenai arah. Lantas bagaimana jika berada di daerah yang tidak ada sinyal?.

Inilah salah satu alasan mengapa sesekali kita perlu merencanakan liburan yang bebas dari gadget. Tidak usah khawatir tersesat, bayangkan orang zaman dahulu tetap bisa keliling dunia meski tanpa gadget canggih bukan?. Manusia sudah dibekali dengan GPS yaitu akal dan mulut, akal untuk berfikir dan mulut untuk bertanya pada orang. Dengan begitu insting kita bisa lebih terasah.

Baca juga: Ini Dia Alasan Liburan Tanpa Gadget Ternyata Lebih Asik, Coba Aja!

Nah banyak kan hal-hal seru dan keuntungan yang Anda peroleh dengan liburan tanpa gadget. Mulai sekarang coba mulai rencanakan untuk liburan tanpa kecanduan dengan gadget, agar momen liburan menjadi lebih berkesan. (EK)

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait