Komunitas 234 SC Pangandaran Bangkitkan Pariwisata Daerah Melalui Budaya

Budaya —Kamis, 2 Sep 2021 10:30
    Bagikan  
Komunitas 234 SC Pangandaran Bangkitkan Pariwisata Daerah Melalui Budaya
Komunitas 234 SC Pangandaran Bangkitkan Pariwisata Daerah Melalui Budaya/Iqbal

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Setiap bulan Muharam para nelayan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat selalu menggelar pesta laut atau lebih dikenal hajat laut sebagai tanda rasa syukur atas rejeki yang diberikan melalui hasil laut.

Namun, Hajat laut dan larung kali ini digelar secara sederhana mengingat masih masa pandemi corona. Hajat laut atau pesta laut suatu syukuran nelayan yang merupakan acara yang biasanya di helat oleh masyarakat pesisir, utamanya daerah pantai selatan setiap bulan Muharam yang di gelar di bulan suro.

Selain itu, hajat laut digelar dengan maksud agar nelayan senantiasa di berikan keselamatan dalam mencari ikan sehari harinya. Upacara hajat laut merupakan acara ritual yang di lakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi untuk mengenang nenek moyang pada jaman dulu.

Dalam kegiatan hajat laut, selain para nelayan dan warga lainnya.
Komunitas 234 Solidarity Community Regwil Pangandaran pun ikut mensupport secara rutin dalam setiap tahunnya.

Baca juga: Drama Korea Police University Episode 8 Sub Indo, Jebakan yang Terlalu Mudah

Baca juga: Drama Korea Police University Episode 7 Sub Indo, Kecuirgaan dana Rekan yang Setia

Ketua 234 SC Regwil Pangandaran Tushendar menyampaikan, bahwa acara hajat laut ditengah pandemi digelar secara sederhana, lantaran terbenter dengan kebijakan PPKM yang membatasi kerumunan.

"Kegiatan hajat laut menjadi bagian dari program organisasi di bidang kebudayaan sebagai stimulus dalam membangkitkan Pariwisata Daerah," ujar Tushendar kepada DEPOSTPANGANDARAN, Kamis 02 September 2021.

Menurut Tushendar, melalui budaya tersebut sebagai upaya membantu pemerintah sebagai ajang promosi wisata pantai yang ada di Pangandaran.

"Selain bidang budaya, kami juga bergerak di bidang Sosial, Kepemudaan, Olahraga dan Otomotif, semoga dengan keberadaan kami bisa memberikan bakti untuk khalayak orang banyak dan menjadikan stimulus spirit kepemudaan dalam membangun bangsa," ungkapnya.

Tushendar mengatakan, untuk visi Pangandaran sebagai World Class Destination, tanpa menghilangkan kearifan budaya lokal. dan berharap kedepannya hajat laut bisa tetap di laksanakan dengan meriah.

"Mudah-mudahan pandemi segera berakhir," harapnya. (Iqbal)

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Jumat 3 September 2021, Leo Mengecewakan Pasangan, Taurus Rindu yang Menggebu

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 2 September 2021, Pisces Bucin Parah, Capricorn Kendalikan Emosi

Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait