Ketua PWI Jabar Ajak Wartawan Wujudkan Pemilu Damai 2024, Begini Caranya

Berita —Senin, 20 Nov 2023 16:02
    Bagikan  
Ketua PWI Jabar Ajak Wartawan Wujudkan Pemilu Damai 2024, Begini Caranya
Pegurus PWI Jawa Barat Siap Deklarasikan Pemilu Damai 2024 Cegah Hoax dan jaga sikap netralitas. (Foto:Humas PWI Jabar)

POSTPANGANDARAN.COM -  Ketua Persatuan Wartawaan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Hilman Hidayat mengajak wartawan wujudkan Pemilu Damai 2024 dengan menjaga sikap netral dan menjunjung tinggi marwah profesi wartawan.

 “Wartawan memiliki peran penting untuk meuwujudkan Pemilu Damai 2024. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menyampaikan kebenaran di tengah maraknya informasi hoax dan berita bohong yang saat ini sangat mudah diproduksi dan sering kita temui saat perhelatan demokrasi,” tutur Hilman Hidayat, di Kantor PWI Jawa Barat, Jalan Wartawan Buah Batu, Senin (20/11/2023).

Menurut dia, penyebaran informasi hoax dan berita bohong menimbulkan keresahan di masyarakat. Karena itu, Hilman mengajak seluruh wartawan agar menyampaikan informasi yang sesuai dengan kode etik serta meluruskan informasi-informasi hoax dan berita bohong, sehingga Pemilu Damai 2024 bisa terwujud.

Hilman  mengingatkan anggotanya untuk menjaga sikap netral dan Independen pada pemilu 2024 mendatang.

“Saya minta selama proses Pemilu 2024, wartawan itu harus selalu menjaga netralitas,” tegas Hilman.

Ketua PWI Jabar Juga menegaskan, pengurus PWI yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR, DPRD atau DPD mengundurkan diri dari kepengurusan PWI, tanpa menghilangkan hak anda sebagai anggota PWI.

Menurut Hilman, ada pihak tertentu yang selalu berusaha memanfaatkan media untuk kepentingan politik. Bahkan tak jarang membuat pemberitaan sering tidak berimbang.

“Sikap dan netralitas wartawan itu penting dalam menyukseskan pemlu mendatang. Jangan sampai wartawan menjadi bagian yang membuat perpecahan seperti Pemilu sebelumnya,” tuturnya.

Menurut Hilman, anggota PWI juga harus menjunjung tinggi kode etik. Karena sebagai seorang profesional, kode etik harus ditaati saat menjalankan profesinya.

“Selama berpegang teguh pada kode etik, wartawan dipastikan akan netral dan independen,” tegasnya. 

Baca juga: Menjelajahi Wisata Alam Pekalongan Black Canyon Patungkriyono Untuk Relaksasi Hati dan Pikiran

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait