Indramayu Penghasil Padi Terbesar di Jabar, Bey Machmudin Ingatkan Ini

Berita —Senin, 9 Oct 2023 13:27
    Bagikan  
Indramayu Penghasil Padi Terbesar di Jabar, Bey Machmudin Ingatkan Ini
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin. (foto:Biro Adpim Jabar)

POSTPANGANDARAN,-  Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menyatakan bahwa Kabupaten Indramayu menjadi salah satu lumbung padi nasional dan penyumbang produksi perikanan di Jabar.

Menurut Bey, Indramayu tercatat sebagai salah satu penghasil padi terbesar di Jabar pada 2022. Produksi gabah kering giling Indramayu pada 2022 mencapai 1,49 juta ton. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang sebanyak 1,3 juta ton.

Hal itu dikatakan Bey saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Indramayu dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-496 di Gedung DPRD Kabupaten Indramayu, Sabtu (7/10/2023).

“Selain itu, Indramayu juga penyumbang produksi perikanan di Jawa Barat, baik perikanan tangkap maupun budi daya,” ucap Bey.

Supaya produktivitas pertanian dan perikanan tidak terganggu pada tahun ini, Bey mengimbau kepada Pemda Kabupaten Indramayu untuk sama-sama mewaspadai dampak dari El Nino.

“Indramayu juga disebut kota mangga, ada gedong gincu, arumanis, dan lainnya. Belum lagi punya pantai indah yang dapat mendongkrak potensi pariwisata,” tutur Bey.

Dalam acara tersebut, Bey juga meminta kepada Pemda Kabupaten Indramayu untuk memperkuat tata kelola sampah dan pengelolaan sampah dari hulu. Salah satu upayanya dapat dilakukan pada tingkat rumah tangga melalui pemilahan sampah.

“Sampah jangan dianggap hal sepele. Kita harus mulai sejak dari hulu, yakni pemilahan sampah, sehingga beban TPA berkurang,” tutur Bey.

Bey pun menuturkan, pembangunan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Cirebon Raya terus berproses.

“Saya sebagai Penjabat Gubernur mendorong agar terjadi percepatan pembangunan TPPAS ini,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Indramayu Nina Agustina berharap Indramayu menjadi kabupaten yang bersih, religius, dan hebat. Menurutnya, usia yang saat ini dipijak telah melewati berbagai fase. Pihaknya pun berupaya untuk terus membangun dan berprestasi, baik dalam bidang pemerintahan, pembangunan, maupun pelayanan publik.

Nina pun mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam membangun Indramayu. Hari Jadi Indramayu tahun ini bertema “Indramayu Tangguh, Ekonomi Tumbuh Menuju Ketahanan Pangan Mandiri.” Tema itu diharapkan dapat menginspirasi semua pihak untuk gotong royong membangun ekonomi, khususnya di sektor ketahanan pangan.
Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait