5 TAHUN JABAR JUARA Jawa Barat Makin Produktif dan Kompetitif dari Segi Budaya

Berita —Rabu, 16 Aug 2023 13:40
    Bagikan  
5 TAHUN JABAR JUARA Jawa Barat Makin Produktif dan Kompetitif dari Segi Budaya
Laman Resmi Persib.co.id

POSTPANGANDARAN,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengemukakan, Jabar semakin produktif dan kompetitif dari segi budaya. Ratusan ekspresi budaya bermuara di provinsi ini, salah satunya yang sudah diakui menjadi warisan dunia, yaitu alat musik angklung. 

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil saat menghadiri Konser 50 Tahun Samba Sunda di Gedung Sunan Ambu Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung di Kota Bandung, Selasa (15/8/2023). 

"Jawa Barat mah tibeulah (dari arah) kaler (utara), kulon (barat), wetan (timur), kidul (selatan), total lebih dari 100, dari 156 ekspresi budaya yang menjadi warisan Indonesia, salah satunya sudah menjadi warisan dunia yang namanya angklung," kata Ridwan Kamil. 

Untuk mendukung ekspresi kebudayaan Jabar, Pemda Provinsi Jabar telah membangun banyak fasilitas budaya. 

Baca juga: 7 Tips Ampuh Atasi Tidak Bau Mulut Setelah Makan Jengkol

"Karena hidup itu tak hanya urusan perut dan nafsu. Hidup juga tentang estetika, kontemplasi pikiran, sastra, juga ekspresi kita di dunia," ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil. 

Ia berharap ISBI Bandung bisa beradaptasi dengan tantangan zaman, terlebih pasca pandemi COVID-19, termasuk digitalisasi yang mengubah jalan hidup. 

Diharapkan ISBI Bandung sebagai institusi pendidikan budaya dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang ada. 

"Beradaptasilah dengan tantangan zaman, kita kena pandemi mengubah cara hidup kita, begitu pula dengan digitalisasi ada artificial intellegence mengubah hidup kita," tutur Kang Emil. 

"Terlalu cepat perubahan itu, maka kita institusi harus siap, termasuk menghadapi perubahan iklim. Jadi anak-anak ini harus hidup di Indonesia yang lebih hijau dan genah," imbuhnya. (sptn)

Baca juga: Lucinta Luna Disebut Transgender, Alan Murka Ke Deddy Corbuzier

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait