Waspada! BCA Peringati Penipuan di M-Banking, Munculnya Pop Up Virus

Berita —Rabu, 26 Jul 2023 10:08
    Bagikan  
Waspada! BCA Peringati Penipuan di M-Banking, Munculnya Pop Up Virus
Twitter BCA

POSTPANGANDARAN,- Heboh viral tentang adanya virus Trojan dalam aplikasi BCA Mobile membuat banyak pengguna panik. Bagaimana tidak, jutaan pengguna mobile banking BCA menjadi takut saldo lenyap akibat adanya virus Trojan ini.

Penipuan jenis baru telah merambah ke aplikasi mobile banking (m-banking) BCA pada baru-baru ini. Di media sosial telah dihebohkan dengan modus penipuan baru yang menyasar kepada pengguna Bank BCA saat mereka membuka aplikasi m-banking. Apabila tidak sadar, maka dalam sedetik akan menjadi korban penipuan yang bisa menyebabkan nasabah kehilangan uang dalam ATM.  Adapun modus penipuan yang baru ini dilakukan melalui sebuah notification yang muncul (pop-up) di halaman depan m-banking.


Pop-up tersebut seolah-olah memperlihat bahwa ponsel anda telah terkena virus dari aplikasi lain. Kemudian anda diminta untuk melakukan dua aksi yakni keluar dari aplikasi atau hapus. Tidak ada pilihan yang tepat saat notifikasi ini muncul. Pasalnya apabila anda melakukan klik apapun, m-banking anda akan secara otomatis terbajak.

Baca juga: Pahami Misteri Tenggelamnya Tank di Danau Ranu

Melihat modus penipuan ini semakin besar, pihak Bank BCA pun langsung mengunggah pengumuman untuk tidak melakukan “klik” apapun saat notifikasi tersebut muncul.

“Sehubungan dengan informasi yang beredar di sosial media terkait tampilan pop up peringatan virus di aplikasi BCA Mobile, dapat kami sampaikan bahwa nasabah agar berhati-hati atas hal tersebut. Kami mengimbau agar nasabah TIDAK MELAKUKAN KLIK APAPUN yang muncul di pesan tersebut,”


tulis pemberitahuan resmi BCA yang disampaikan oleh EVP Corporate Communication & Social Responsibility Hera F. Haryn. Pihaknya juga meminta kepada nasabah yang sudah terlanjur melakukan “klik” terhadap notifikasi ini untuk menghubungi Halo BCA.

“Apabila terlanjur melakukan klik, download, dan install, mohon uninstall aplikasi BCA mobile dan segera hubungi Halo BCA melalui 1500888 atau aplikasi haloBCA,” tulis akun Twitter resmi @HaloBCA pada Senin (24/7/2023).

Baca juga: Simak Berikut Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait