PLN Selesai Energize Stasiun Kereta Cepat di Karawang

Berita —Senin, 22 May 2023 15:32
    Bagikan  
PLN Selesai Energize Stasiun Kereta Cepat di Karawang
foto: pssi.org

POSTPANGANDARAN, KOTA BANDUNG - PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) berhasil melakukan energize atau penyalaan pasang baru listrik Kereta Cepat di Stasiun Karawang.

General Manager PLN UID Jabar Susiana Mutia mengatakan, penyelesaian ini untuk mendukung percepatan penyediaan Proyek Strategis Nasonal (PSN) Kereta Cepat Jakarta - Bandung.

“Kami berkomitmen penuh mendukung Proyek Strategis Nasional ini. Selain berpotensi meningkatkan perekonomian, proyek ini juga mendukung pencapaian Net Zero Emission tahun 2060 melalui moda transportasi massal listrik,” kata Susi.

Susiana menjelaskan ada 3 stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung yang berlokasi di wilayah kerja PLN UID Jabar yaitu Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar dan seluruhnya menggunakan listrik PLN.

“Keberhasilan PLN dalam melayani kebutuhan listrik proyek ini diharapkan dapat menambah keyakinan investor untuk berinvestasi dan menggunakan listrik PLN di wilayah atau kawasan tersebut sehingga pembangunan dan perekonomiannya semakin berkembang,” harap Susiana.

Baca juga: Begini Cara Alami Mengatasi Diare

Sementara itu, Manajer PLN UP3 Karawang, Imam Ahmadi menjelaskan listrik Stasiun Kereta Cepat Karawang dipasok dari dua Gardu Induk (GI) yaitu GI Mekarsari dan GI Transheksa. Untuk menyambung listrik di stasiun tersebut, PLN membangun jaringan kabel dari GI Mekarsari ke stasiun sepanjang 4,1 kilometer sirkuit (kms) dan dari GI Tsansheksa ke stasiun sepanjang 6,38 kms.

“Kami mengerahkan seluruh sumber daya kami termasuk personil seperti tim ULP Prima Karawang dan tim PDKB agar energize stasiun kereta cepat ini segera rampung. Kedepannya, daya listrik sebesar 2 kali 3.465 KVA ini akan digunakan untuk operasional stasiun kereta cepat yang berlokasi di Karawang,” terang Imam.

Imam mengatakan, stasiun Karawang menggunakan Tarif Layanan Khusus KCJB (LB3). Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) menggunakan Penerangan Sementara (PS) selama masa konstruksi di site KCJB Stasiun Karawang. (prn)

Baca juga: Final Destination 6 Segera Tayang, Begini Sinopsisnya

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait