Wisatawan Pantai Sayangheulang Naik Signifikan dari Lebaran Tahun Lalu

Berita —Jumat, 28 Apr 2023 09:48
    Bagikan  
Wisatawan Pantai Sayangheulang Naik Signifikan dari Lebaran Tahun Lalu
foto: jabarprov.go.id

POSTPANGANDARAN, KAB. GARUT - Memasuki libur hari Idulfitri 1444 hijriah, beberapa destinasi wisata di Kabupaten Garut mulai didatangi para wisatawan dari dalam kota maupun dari luar kota. 

Salah satu tempat wisata yang diserbu para wisatawan adalah Pantai Sayangheulang yang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pariwisata Pantai Sayangheulang, Santolo, dan Rancabuaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Ate Sutanto kenaikan jumlah kunjungan ke pantai-pantai yang ada di Garut bagian selatan, khususnya ke Pantai Sayangheulang memang sudah diprediksi sejak awal.

Bahkan, imbuh Ate, di hari ke 2 Idulfitri 1444 Hijriah, ada peningkatan 20 persen pengunjung dibanding libur Lebaran tahun  kemarin, dengan jumlah wisatawan kurang lebih berada di angka 3.000 sampai 5.000  pengunjung. 

Meski begitu, ia menegaskan jika kondisi di lokasi wisata berjalan aman dan terkendali.

"Untuk pengunjung itu sekarang variatif ya dari mulai lokal (seperti) Garut, Bandung, sampai Jakarta juga ada, saya lihat plat-plat A juga dari Banten juga ada, saya juga tadi melihat plat AB dari Yogyakarta juga ada, (jadi) variatif," ujar Ate saat ditemui di Pantai Sayangheulang, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Minggu (23/4/2023).

Baca juga: Ini Tekad Kakang di Musim Baru

Ia mengungkapkan jika sebelumnya dalam rapat koordinasi (rakor) yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, pihaknya diperintahkan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, terutama dalam pengaturan lalu lintas parkir.

Untu mengantisipasi lonjakan tersebut, pihaknya sudah menyiapkan beberapa kantong parkir di sekitaran lokasi wisata. 

"Kami sudah menyiapkan kantong parkir sekiranya di dalam sudah terjadi kemacetan, maka kita sudah menyiapkan kantong parkir yang diantisipasi untuk menampung jumlah pengunjung yang memang di luar dugaan gitukan, dan itu kita sudah siapkan ya," ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Batalyon (Danyon) D Pelopor Satbrimob Kepolisian Daerah (Polda) Jawa  Barat, Kompol Iyus Ali Yusuf, menuturkan, Batalyon D bertugas untuk mengamankan beberapa pantai laut selatan, mulai dari Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasik, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, hingga Kabupaten Pangandaran. Guna menunjang pengamanan di beberapa lokasi tadi, pihaknya mendirikan 14 pos brimob dengan tiap pos berisi 10 personil.

Ia menerangkan, berdasarkan laporan dari tim di tiap pos, kondisi pengamanan yang dilaksanakan oleh pihaknya terlaksana dengan baik, lancar, aman, dan nyaman.

"Dan para pemudik maupun yang melaksanakan silaturahmi dengan keluarganya baik berwisata ke daerah pantai selatan, mereka dapat terlaksana dan melaksanakan kegiatan liburan maupun silaturahmi dengan kondisi aman, nyaman, dan lancar," pungkasnya. (Diskominfo Garut/Fauziah Ismi)

Baca juga: Resep Sop Iga Sapi Empuk Anti Gagal

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait