Jelang Ramadan, Wakil Bupati Pangandaran Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri

Berita —Selasa, 21 Mar 2023 13:40
    Bagikan  
Jelang Ramadan, Wakil Bupati Pangandaran Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri
foto: portal.pangandarankab.go.id

POSTPANGANDARAN,- Wakil Bupati Pangandaran, H. Ujang Endin Indrawan menghadiri rapat koordinasi pengendalian inflasi tahun 2023 bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui zoom meetings di Command Center. Senin (20/03/2023).

Dalam rapat tersebut, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir mengimbau agar semua pihak termasuk kementerian dan lembaga terkait membantu pemerintah daerah (Pemda) yang mengalami kekurangan ketersediaan bahan pangan menjelang Ramadan.  

Lanjutnya bahwa pemerintah daerah (Pemda) telah memberikan data daftar barang yang mengalami kekurangan. Jika kekurangan tersebut tidak terpenuhi, maka dipastikan harga kebutuhan akan mengalami kenaikan.

"Kepada Bapak dan Ibu dari kementerian dan lembaga kami minta fokus untuk memberikan jalan keluar bagi teman-teman yang di daerah, ada daftar kenaikan harganya, ada daftar kekurangannya, sehingga ada jalan keluar yang diberikan," ujar Tomsi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah melalui zoom meetings.

Baca juga: BESTI JABAR Kolaborasi Edukasi Masyarakat di Bidang Kesehatan

Irjen Tomsi juga mengingatkan kepala daerah agar melakukan upaya pengendalian inflasi secara maksimal. Hal ini dikarenakan melihat tren harga barang yang mulai naik, Irjen Tomsi meminta daerah agar memantau harga dan persediaan barang tiap dua hari sekali. 

Beliau pun menegaskan langkah pemantauan tersebut harus dilakukan oleh seluruh kabupaten maupun kota. Selain pemantauan, Irjen Tomsi meminta Pemerintah daerah melakukan berbagai upaya lainnya, seperti operasi pasar murah, menjaga pasokan bahan pokok dan bahan penting, serta melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pasar dan distributor.

“Kita betul-betul dapat memantau dengan ketat dari waktu ke waktu, sehingga prediksi ke depan sudah bisa kita duga dan sudah bisa kita lakukan langkah antisipasinya,” tegasnya.

Turut hadir dalam mendampingi Wakil Bupati, perwakilan Kapolres, perwakilan Dandim 0625 Pangandaran, Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah dan jajaran lainnya.

Baca juga: Swiss Open 2023: Perang Saudara Kembali Terjadi di Babak Pertama

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait