Hadiri Peringatan HPSN 2023, Wabup Ikuti Gerakan Bersih-bersih Pantai

Berita —Selasa, 21 Feb 2023 16:16
    Bagikan  
Hadiri Peringatan HPSN 2023, Wabup Ikuti Gerakan Bersih-bersih Pantai
foto: portal.pangandarankab.go.id

POSTPANGANDARAN,- Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran menyelenggarakan kegiatan Puncak Peringatan HPSN Tahun 2023 Kabupaten Pangandaran yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, bertempat di Pantai Batu Hiu. Selasa (21/2/2023)

Puncak peringatan tersebut terdiri dari beberapa kegiatan diantatanya gerakan memungut sampah di pesisir Pantai Batu Hiu, lomba memilah sampah, lomba carnaval fashion daur ulang sampah, serta pentas seni dan pemanfaatan sampah, yang dimana pesertanya merupakan perwakilan dari setiap SKPD lingkup Kabupaten Pangandaran, berbagai organisasi dan komunitas masyarakat.

Peringatan HPSN Tahun 2023 Kabupaten Pangandaran ini mengusung tema "Tuntas Kelola Sampah Menuju Pangandaran Zero Waste".

Kepala Dinas Lingkingan Hidup dan Kebersihan Drs. Trisno, menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan semata-mata hanya untuk memungut sampah, tapi untuk menyadarkan kita bagaimana bisa mengelola sampah.

Sementara itu, Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan menyampaikan bahwa kebersihan menjadi salahsatu indikator yang mendukung kemajuan suatu negara.

Baca juga: Pengangguran Terbuka Jabar Terus Menurun Setiap Tahun

"Salah satu indikator kemajuan suatu daerah yaitu dilihat dari bagaimana pengelolaan sampahnya, bagaimana kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah. Semakin maju suatu negara, pengelolaan sampahnya semakin bagus, dan lingkungannya semakin bersih" ujar beliau.

Selanjutnya, sebagai daerah tujuan wisata sudah menjadi keharusan bagi Kabupaten Pangandaran untuk menjaga kebersihan.

"Pangandaran sebagai daerah tujuan wisata, kunjungan wisatanya sangat dipengaruhi oleh baik dan tidaknya pengelolaan sampah, sangat dipengaruhi oleh bersih dan tidaknya Pangandaran termasuk pantainya. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga kebersihan pantai" lanjut beliau.

Wakil Bupati beranggapan bahwa pembiasaan untuk mengelola sampah harus dimulai sejak kecil untuk dapat menumbuhkan kesadaran buang sampah serta pengelolaan sampah pada generasi muda.

Dalam kegiatan ini, turut hadir para kepala SKPD lingkup Kabupaten Pangandaran yang turun langsung mendampingi Wakil Bupati Pangandaran untuk memungut sampah di pesisir Pantai Batu Hiu.

Baca juga: Jabar Komitmen Turunkan Stunting dengan SPBE

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait