Pemda Pangandaran Bangun Infrastruktur Jembatan Guna Pengembangan Wisata

Berita —Jumat, 17 Feb 2023 09:52
    Bagikan  
Pemda Pangandaran Bangun Infrastruktur Jembatan Guna Pengembangan Wisata
foto: portal.pangandarankab.go.id

POSTPANGANDARAN,- Kabupaten Pangandaran yang kini genap berusia satu dasawarsa terus mengembangkan pembangunan salah satunya jalan lintas pesisir dari Pangandaran hingga Legokjawa di Kecamatan Cimerak.

Jalan lintas pesisir ini menjadi jalur wisata Pangandaran melewati beberapa destinasi wisata diantaranya Pangandaran Aquarium, Pelabuhan Cikidang, Jembatan merah, sepanjang Pantai Timur, Pantai Barat Pangandaran yang menyajikan keindahan pantai dan birunya laut, Kampung Turis yang menjadi surga bagi para penikmat kuliner, Pantai Karang Tirta, objek wisata baru Tanjung Cemara yang kini cukup menjadi primadona dan Pantai Batu Hiu. 

Dibangunnya jalan lintas pesisir bertujuan untuk menghubungkan berbagai destinasi wisata yang ada di sekitar Pangandaran sehingga para wisatawan tidak terfokus di Pantai Pangandaran saja. Selain itu, dengan adanya jalan lintas pesisir akan meningkatkan kecepatan dan kemudahan akses wisatawan menuju destinasi wisata sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan.

Pemandangan pesisir nan indah yang dapat dinikmati sepanjang jalan lintas pesisir akan menambah pengalaman berlibur yang baru bagi para wisatawan. Perjalanan jauh yang cukup melelahkan untuk menuju ke Pangandaran akan terbayar dengan pemandangan pantai yang indah. Para wisatawan juga dapat menepi untuk sekedar beristirahat sembari merasakan angin pantai dan debur ombak yang membasuh wajah.

Baca juga: Daisuke Sato Yakin Persib Bisa Bangkit

Jalan lintas pesisir tidak terlepas dari adanya jembatan yang menghubungkan, salah satunya adalah Jembatan megah di Karangtirta yang kini tengah dalam proses pembangunan. Jembatan ini terletak di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih yang akan menghubungkan Pantai Pangandaran dengan objek wisata Karang Tirta, Tanjung Cemara dan Batu Hiu hingga ke Bojongsalawe.

Selain Jembatan di Karangtirta, Pemerintah Kabupaten Pangandaran juga telah membangun berbagai jembatan demi kemajuan pariwisata, diantaranya Jembatan Merah yang menghubungkan Pelabuhan Cikidang dengan Pantai Timur Pangandaran, Jembatan Sodongkopo yang menghubungkan Bandara Nusawiru dengan Pantai Batukaras.

Adanya jembatan tidak hanya dapat mendorong pembangunan pariwisata di Pangandaran tapi juga dapat mempermudah akses dan mobilitas masyarakat antar wilayah, hal tersebut terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang sejauh ini telah membangun berbagai jembatan diantaranya Jembatan Sintok yang menghubungkan Desa Pagergunung Kecamatan Pangandaran dengan Desa Ciparakan Kecamatan Kalipucang.

Pembangunan infrastruktur jalan serta jembatan tidak hanya dapat menghubungnkan satu atau beberapa wilayah, namun secara tersirat juga dapat menjadi ‘penyambung asa dan cita-cita masyarakat’, karena dampak dari pembangunan infrastruktur dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca juga: Setiap PNS di Jabar, Jadi Anak Asuh Anak Stunting

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait