Kurangi Seat, Kereta Panoramic Beroperasi Kembali

Berita —Kamis, 16 Feb 2023 14:24
    Bagikan  
Kurangi Seat, Kereta Panoramic Beroperasi Kembali
foto: jabarprov.go.id

POSTPANGANDARAN, KOTA BANDUNG - Setelah menjalani beberapa evaluasi dari perjalanan sebelumnya di masa angkutan Nataru tahun 2022/2023, Kereta panoramic akan beroperasi kembali pada bulan Februari 2023. 

Humas PT Kereta Api Pariwisata, M. Ilud Siregar mengatakan, dalam pengoperasian kereta panoramic direncanakan akan berjalan dengan pola perjalanan yang sama dengan kereta wisata lainnya. 

"Perjalanan kereta panoramic ada 2 (dua) pola perjalanan yaitu Pola FIT (Perorangan) dan Pola Charter atau Sewa," ucap Ilud, Kamis (9/2/2023).

Kereta panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia.
Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Menurut Ilud, untuk rangkaian saat ini Kereta panoramic ada dua rangkaian dengan jumlah seat tempat duduk yang disediakan sebanyak  38 seat tempat duduk dari sebelumnya ada 46 seat tempat duduk. 

"Pengurangan seat tersebut adalah upaya meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan sehingga para penumpang dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan dan melihat pemandangan alam dan pegunungan yang indah,jembatan yang tinggi serta terowongan yang panjang melalui jendela kereta panoramic yang besar," tuturnya.

Baca juga: Kopi Pangandaran Mulai Dilirik Pasaran Jepang

Ilud Siregar menambahkan bahwa kereta panoramic ada tambahan mini pantry sebagai tempat sajian snack, makanan dan minuman  yang akan diberikan oleh petugas Train Attendent Pramugari (TAP) untuk penumpang kereta panoramic.

"Keamanan bagasi setiap penumpang nantinya akan diberikan luggage tag atau tag bagasi sebagai tanda pengenal yang disematkan pada barang bawaan penumpang seperti koper atau tas," ujarnya.

Perjalanan Kereta Panoramic pada bulan Februari 2023 akan berjalan di akhir pekan dengan tarif kurang lebih Rp.350.000,- yang dirangkaikan dengan Kereta Api Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir (PP) dan tarif kurang lebih Rp 1.120.000,- yang dirangkaian dengan KA Argo Wilis dengan Relasi Bandung-Surabaya Gubeng (PP).

Adapun jadwal keberangkatan Kereta Panoramic sebagai berikut:
1.    KA Argo Parahyangan Panoramic (44Pc) keberangkatan Gambir jam 04:55 dan tiba di Bandung jam 07:52 (setiap hari Jumat).
2.    KA Argo Wilis Panoramic (6Pc) keberangkatan Bandung jam 08:15 dan tiba di Surabaya Gubeng jam 18:10 (setiap hari Jumat).
3.    KA Argo Wilis Panoramic (5Pc) keberangkatan Surabaya Gubeng jam 07:30 dan tiba di Bandung jam 17.25 (setiap hari Minggu).
4.    KA Argo Parahyangan Panoramic (51Pc) keberangkatan Bandung jam 18:15 dan tiba di Gambir jam 21:19 (setiap hari Minggu). (prn/Fauziah Ismi)

Baca juga: Mengetahui Istilah Justice Collaborator, Status Hukum yang Buat Bharada E Divonis Ringan

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait