Sekda Setiawan Dorong Perangkat Daerah Adaptif Hadapi Generasi Y dan Z

Berita —Rabu, 8 Feb 2023 15:57
    Bagikan  
Sekda Setiawan Dorong Perangkat Daerah Adaptif Hadapi Generasi Y dan Z
foto: jabarprov.go.id

POSTPANGANDARAN, KAB. BANDUNG BARAT - Forum Perangkat Daerah menjadi agenda tahunan untuk terus menyinergikan visi misi dan program pembangunan di lingkup Pemda Provinsi Jabar dengan visi Juara Lahir dan Batin. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, saat membuka Forum Perangkat Daerah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Se-Jabar Tahun 2023 yang diselenggarakan 7- 8 Februari 2023 di Novena Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Menurut Sekda, dalam mewujudkan cita-cita tersebut tentu tidak lepas dari dinamika perkembangan zaman. Paling tidak terdapat tiga gangguan yang membuat setiap insan wajib beradaptasi dalam situasi ini. 

“Misalnya, industri 4.0 dan era society 5.0 kini sudah masuk dalam keseharian kita saat ini,” kata Sekda Setiawan, Selasa (7/2/2023). 

“Mau tidak mau, semua insan di sektor apapun ia bekerja dan berkarya harus menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi,” imbuhnya.

Baca juga: Tujuh Desainer Busana Jawa Barat Akan Pamerkan Produk di New York

Dalam hal ini Bakesbangpol Jabar yang mempunyai mandat pokok melaksanakan urusan pemerintahan bidang politik ideologi dan wawasan kebangsaan dan bidang harus memberikan wawasan kepada masyarakat. 

Sementara secara demografis, saat ini Jawa Barat memuat generasi produktif dengan rentang 15- 64 tahun, di mana populasi terbesarnya adalah generasi muda yang terdiri dari generasi Y (1977- 1994), generasi Z (1995- 2010) hingga generasi Alpha (2011- 2024 ), yang semuanya merupakan _digital native_, yakni mereka yang lahir di lingkungan dan era digital. 

"Itulah esensi yang ingin ditekankan. Sebagai "enabler" penduduk kita ini di Jabar, dihitung 80 persen generasi X, Y, Z sampai generasi Alpha yang terus tumbuh," ucap Setiawan. 

"Saat ini berhadapan dengan generasi yang betul-betul digital. Boleh dikatakan era saat ini adalah 'The Golden Age of Digitalization" sehingga (perangkat daerah) bisa mengembangkan paling tidak informasi kita saat ini dimasukkan secara digital atau dalam bentuk aplikasi," tuturnya. 

Sekda Setiawan pun mengajak perangkat daerah di Jabar untuk adaptif dengan memulai langkah-langkah, termasuk di antaranya transformasi digital. 

"Ini harus disampaikan di Forum Perangkat Daerah tahun ini karena kita bicara untuk tahun 2024 dan seterusnya," ucap Setiawan.

Baca juga: Sempat Absen, Ezra Walian Kembali Latihan

Dalam Forum Perangkat Daerah tersebut, Bakesbangpol Jabar menganugerahkan kepada lima kabupaten/kota di Jabar Penghargaan Gubenur Jawa Barat dalam Pengelolaan Data Statistik Sektoral Bidang Kesbangpol Kabupaten/Kota Terbaik Tahun 2022. 

Lima kabupaten/kota tersebut, yakni Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cirebon, dan Kabupaten Indramayu. 

Penghargaan diserahkan langsung Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja didampingi Plt. Asda I Dewi Sartika, Staf Ahli Gubenur Engkus, dan Sekretaris Bakesbangpol Jabar Sapta Julianto Dasuki. 

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada The Panas Dalam Film yang telah berpartisipasi dan kontribusi dalam pembuatan film dengan muatan pembauran wawasan kebangsaan. 

Sekretaris Bakesbangpol Jabar Sapta Julianto Dasuki menyampaikan  pemberian penghargaan tersebut sebagai apresiasi Gubenur Jawa Barat kepada kabupaten/kota yang berdasarkan hasil penilaian merupakan pengelola data statistik sektoral bidang kesbangpol terbaik pada tahun 2022. 

Soal inovasi ataupun digitalisasi, Bakesbangpol Jaba juga telah membangun aplikasi Simbakesbangpol. 

"Sebagai portal data statistik sektoral bidang kesbangpol kabupaten/kota di Jawa Barat sejak tahun 2020," kata Sapta. 

Baca juga: Tiba di Sidoarjo, Presiden Hadiri Resepsi Puncak Satu Abad NU Esok

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait