Pemda Pangandaran Buka Jalan Lintas Pesisir Untuk Terus Kembangkan Pariwisata

Berita —Kamis, 2 Feb 2023 09:25
    Bagikan  
Pemda Pangandaran Buka Jalan Lintas Pesisir Untuk Terus Kembangkan Pariwisata
foto: portal.pangandarankab.go.id

POSTPANGANDARAN,- Kabupaten Pangandaran sebagai salahsatu daerah wisata di Provinsi Jawa Barat terus berupaya menata dan mengembangkan wisata.

Sektor pariwisata memiliki andil yang besar dalam mendukung pembangunan ekonomi di Kabupaten Pangandaran. Untuk itu pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada dengan sebaik-baiknya diharapkan dapat menarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Pangandaran sangat besar, sehingga Pemerintah Kabupaten Pangandaran mencanangkan sektor pariwisata sebagai core bussiness sesuai dengan visi Kabupaten Pangandaran yaitu “Pangandaran Juara Menuju Wisata Berkelas Dunia yang Berpijak Pada Nilai Karakter Bangsa”.

Mengacu pada visi tersebut, perencanaan dan pembangunan yang dapat mendorong sektor pariwisata terus dikembangkan mulai dari penataan kawasan pantai dan objek wisata lainnya hingga pembangunan jalan lintas pesisir.

Berkat upaya dan kerja keras yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran dibawah kepemimpinan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, satu per satu mimpi untuk menjadikan wisata Pangandaran lebih maju kini mulai terwujud.

Baca juga: Transfer Pemain, Selamat Datang Mario Fabio Londok!

Untuk mendorong kemajuan wisata di wilayah Pangandaran, Pemerintah Pangandaran membangun jalur wisata dari Pangandaran – Cikembulan – Karangtirta - Batu Hiu – Batukaras - Madasari, selain akses wisata terintegrasi menjadi satu jalur, jalan yang dibuka tersebut merupakan jalur pesisir, mempunyai potensi wisata yang bagus dan daya tarik tersendiri, sehingga diharapkan muncul tempat-tempat wisata baru guna memecah pariwisata agar tak terfokus hanya di Pantai Pangandaran saja.

Jalan lintas pesisir tersebut dapat dilalui mulai dari Babakan menuju Pelabuhan Cikidang dan Objek Wisata Piamari Aquarium Pangandaran, jembatan merah, pemandangan sepanjang pantai timur Pangandaran hingga ke pantai barat pangandaran dan melewati kampung turis yang menawarkan wisata kuliner bagi para wisatawan.

 Penataan pantai barat dan pantai timur pangandaran menjadikan pantai ini menjadi tujuan wisata yang sangat menarik. Berbagai fasilitas dapat memanjakan wisatawan diantaranya skywalk, area pejalan kaki di kawasan taman pantai, gajebo, menara lifeguard, tempat duduk, shower, toilet, adventur playground, panggung pertunjukan dan gerbang, plaza air mancur, dan lain-lain. Konsep penataan Pantai Pangandaran sendiri mengacu pada standar indikator Global Sustainable Tourism Council (GSTC).

Selain itu, objek wisata baru di Pangandaran salahsatunya Piamari Aquarium yang kini berganti nama menjadi Aquarium Indonesia Pangandaran sudah dibuka per tanggal 17 Desember 2022 semakin menambah daya tarik wisata Pangandaran.

Baca juga: Persib Unggul Dua Gol di Babak Pertama

Kampung turis juga tak kalah menarik, disana wisatawan bisa makan dipinggir pantai dengan disajikan pemandangan laut lepas dan jika cuacanya cerah, pengunjung dapat menikmati saat-saat matahari terbenam atau sunset di sore hari.

Dengan adanya jalan lintas pesisir, wisatawan dapat melanjutkan pengalaman wisatanya dari Pantai Pangandaran menuju ke objek wisata Karangtirta dan Batu Hiu dengan disuguhi pemandangan pantai yang membentang dan indah. Jalur tersebut juga dapat dilalui untuk menuju ke objek wisata baru yaitu Tanjung Cemara yang menawarkan pemandangan pinggir muara yang sejuk dengan pohon-pohon cemara.

Kemudian, apabila meneruskan perjalanan melalui jalan lintas pesisir, wisatawan bisa sampai di Pelabuhan Bojongsalawe dan Pantai Batukaras. Pantai Batukaras sendiri merupakan objek wisata yang cukup diminati setelah Pantai Pangandaran. Pasalnya, Pantai Batukaras dapat digunakan untuk berenang atau sekedar bersantai bersama keluarga dipinggir pantai dengan suasana yang sejuk dan teduh.

Sebagaimana yang kita ketahui, Pantai Madasari yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena jarak yang cukup jauh, nantinya dapat terhubung dengan Pantai Batukaras melalui jalan lintas pesisir.

Kini satu per satu infrastruktur jalan lintas pesisir tengah dibangun dan ditargetkan selesai di tahun 2023 ini. Jalan lintas pesisir tidak hanya dinantikan oleh para wisatawan namun juga oleh masyarakat sekitar. Pasalnya dengan jalan lintas pesisir dapat memberi kesempatan kepada masyarakat sekitar untuk meningkatkan ekonominya dengan berjualan di titik-titik lokasi baru sepanjang jalan lintas pesisir.

Selain untuk kepentingan pariwisata, jalan lintas pesisir dapat menciptakan multiplier effect dengan mempermudah mobilitas masyarakat antar wilayah, yang dimana kelancaran mobilitas dapat memberikan dampak baik pada aspek sosial-ekonomi masyarakat.

Semoga kedepannya Pangandaran dapat lebih maju dan mewujudkan mimpi menjadi tujuan wisata berkelas dunia (World Class Destination).

Baca juga: Wagub Jabar: Pangandaran Menuju Taraf Wisata Internasional

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait