2 Kali Gempa Bumi Tektonik Guncang Pangalengan Kabupaten Bandung

Berita —Jumat, 6 Jan 2023 15:35
    Bagikan  
2 Kali Gempa Bumi Tektonik Guncang Pangalengan Kabupaten Bandung
Pusat gempa bumi susulan magnitudo 3.6 yang melanda Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung , Jumat 6 Januari 2023. (Foto: Instatagram @bmkgwilayah2)

POSTPANGANDARAN,-  Masyarakat di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut Jumat 6 Januari 2023 dikejutkan dengan getaran gempa bumi yang lumayan keras pada dini hari. Gempa bumi berkekuatan manitudo 2,4  terjadi pada pukul 00.10 WIB dan magnitudo 3,6 terjadi pada pukul 03.28 WIB .

Berdasarkan informasi dari dari situs resmi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Banten  gempa yang terjadi pada dinihari pukul 00.10 WIB berpusat di darat. Gempa bumi termasuk katagori dangangkal di kedalaman 17 kilometer.  #Dekat Puncak Gunung Malabar. 25 km Selatan Bandung. 7 km Timur laut Pangalengan. Demikian cuitan pemilik akun instagram @ardhy8744.


Sementara gempa bui tektonik susulan yang terjadi pada pukul 03.28 WIB, terasa lebih keras dengan kekuatan magnitudo 3,6. Pusat gempa bumi berada di laut dikedalaman 27 kilometer.

Pusat gempa bumi 91 kilometer Barat Daya Kabupaten Bandung dilautan Hindia wilayah Rancabuaya Kabupaten Garut . Epicentrum gempa bumi di 7.18 derajat Lintang  dan 107. 28 Bujur Timur.

Baca juga: Kerajaan Demit di Pabrik Gula, Bagian 25

Pusat gempa bumi tektonik magnitudo 2.4 yang melanda Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung Jumat 6 Janari 2023.

Sejak informasi disampaikan pihak BMKG Wilayah 2 Banten, dalam waktu singkat kolom pesan instagram @bmkgwilayah2 dibanjiri komentar.#Ada 3 Gunung di dekat episentrum. Bisa dilihat di Stories saya. Setiap muncul Gempa di dekat Jawa Barat dan selatan Sumatra biasanya saya segera buatkan dimana titiknya dan juga sedikit analisanya. Demikian cuitan pemilik akun instagram @androzaka.


Hingga pukul 04.00 WIB belum diperoleh keterangan lebih lanjut terkait peristiwa yang gempa bumi. Namun demikian pihak BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai gempa susulan, yang sewaktu-waktu kembali terjadi. (RA)

Baca juga: Instansi dan Pelayanan yang Bergabung di MPP Kabupaten Pangandaran

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait