Pemkab Pangandaran Raih Penghargaan Best Starter Survei Indeks Berakhlak dari Kemenpan RB

Berita —Senin, 2 Jan 2023 14:24
    Bagikan  
Pemkab Pangandaran Raih Penghargaan Best Starter Survei Indeks Berakhlak dari Kemenpan RB
(foto: portal.pangandarankab.go.id)

POSTPANGANDARAN,- Pemerintah Kabupaten Pangandaran meraih penghargaan sebagai Best Starter Survei Indeks BerAKHLAK kategori Kompeten dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada ASN Culture Fest 2022.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Dr. H. Kusdiana, MM bertempat di Hotel Le Meridien Jakarta pada Selasa, (13/12/2022).

Gelaran ASN Culture Fest 2022 merupakan bentuk apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah melakukan implementasi penguatan budaya kerja. Selain itu, ASN Culture Fest 2022 diharapkan bisa menjadi wadah bagi instansi pemeritah untuk berbagi informasi terkait implementasi penguatan budaya kerja. 

Acara ini diselenggarakan setelah satu tahun ditetapkannya Core Values ASN BerAKHLAK. Tujuan diadakannya acara ini yakni dalam rangka mengukur keberhasilan implementasi Core Values ASN BerAKHLAK, di seluruh instansi pemerintah. Oleh karenanya, Kementerian PANRB telah melakukan survei Indeks BerAKHLAK pada 29 Agustus 2022 sampai 6 Desember 2022.

Baca juga: Kerajaan Demit di Pabrik Gula, Bagian 21

Seperti dilansir menpan.go.id, selama empat bulan Survei Indeks BerAKHLAK dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Dari 621 instansi pemerintah yang disurvei, hanya 442 instansi yang memenuhi responden, hasilnya 17 instansi dinilai memiliki baseline paling baik dibanding instansi lainnya.

Dari ke 17 instansi tersebut, Pemerintah Kabupaten Pangandaran meraih kategori kompeten dengan perolehan nilai 68,6-cukup sehat dengan posisi Best Starter by Category.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menilai, peran komitmen adalah hal krusial bagi penerapan BerAKHLAK. “Komitemen yang kuat dari pimpinan dan setiap unsur organisasi, pola pikir, dan culture set ASN menjadi lebih adaptif, inovatif, dan responsif, ”ujar Menteri Anas saat membuka ASN Culture Fest 2022 secara daring. 

Internalisasi, aktivasi, dan penguatan budaya BerAKHLAK diharapkan dapat merealisasikan perubahan perilaku Aparatur Sipil Negara (ASN). BerAKHLAK diharapkan menjadi panduan perilaku bagi ASN dan bisa meningkatkan kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan.

Baca juga: Ragam Fasilitas dan Fungsi Masjid Al Jabbar

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait