Bupati Garut Buka Acara Investor & Business Matching Bagi Pelaku Usaha di Kabupaten Garut

Berita —Senin, 12 Dec 2022 17:07
    Bagikan  
Bupati Garut Buka Acara Investor & Business Matching Bagi Pelaku Usaha di Kabupaten Garut
foto: jabarprov.go.id

POSTPANGANDARAN, KAB. GARUT - Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka secara resmi acara Investor & Business Matching antara pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan start up di Kabupaten Garut dengan para calon investor di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (10/12/2022). 

Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Garut Festival (G-Fest) Tahun 2022.

Bupati Garut mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian pertemuan antara pelaku usaha dan start up di Kabupaten Garut dengan beberapa investor yang akan memberikan dukungan kepada para pelaku usaha.

Dukungannya menyangkut distribusi di Kabupaten Garut dengan beberapa investor yang akan memberikan dukungan kepada para pelaku usaha. Diantaranya menyangkut distribusi, supplier, permodalan, pemasaran, teknologi dan lain sebagainya.

"Tapi ini berkelanjutan yang namanya business matching dan ini terus menerus gitu. Dievaluasi tiap 3 bulan atau 6 bulan sampai di mana, jadi ada peta arah jalan dari pada bisnis itu," ucapnya.

Kegiatan ini, sebut Rudy, perlu dilakukan dan akan terus dilakukan evaluasi, sehingga tidak hanya bergerak dari sisi marketplace-nya saja, tetapi usahanya harus mampu berkembang secara mandiri.

"Jadi kita ini dengan adanya dengan Telkom University (bekerja sama) sejak 3 bulan lalu. Ini bukan tiba-tiba, menciptakan sesuatu produk nanti dikurasi, ada produk-produk yang sudah go Internasional, maka karya Garut mendunia di G-Fest 2022," ungkapnya.

Baca juga: Pemda Provinsi Jabar Raih Anugerah Meritokrasi 2022 Kategori Sangat Baik

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Garut, Nia Gania Karyana menyampaikan, sebelum business matching ini dilaksanakan, sudah ada transaksi antara pelaku usaha Garut dengan pihak dari Nigeria terkait ekspor pakaian anak.

"Tapi jauh sebelum business matching ini dilaksanakan, sudah ada transaksi insya Allah akan ada ekspor terkait dengan pakaian anak ke Nigeria, tinggal MoU dan akan kita dampingi sampai terwujud ekspor pakaian anak-anak ke Nigeria," ucapnya.

Selain itu, imbuhnya, dalam proses business matching ini sebelumnya telah dilaksanakan kurasi dari sebanyak 150 pelaku usaha menjadi 75 pelaku usaha diantaranya 50 IKM dan 25 start up.

"Mudah-mudahan dengan business matching yang hari ini akan terjadi, nanti tidak hanya buyer tetapi minimal ada kerangka kerja sama," katanya.

Ketua Pelaksana juga selaku perwakilan dari Telkom University, Choiria Anggraini menyampaikan, beberapa investor yang hadir diantaranya adalah PT PLN, PT. Dirgantara Indonesia, Bank BJB Cabang Garut, Bank Syariah Indonesia dan beberapa investor lainnya.

Senada dengan Kadisperindag ESDM Garut, Choiria menerangkan, investor matching ini merupakan satu output dari kegiatan inkubasi yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Telkom University bersama Disperindag ESDM Garut.

"Kami tidak hanya memberikan capacity building pada pelaku IKM dan start up saja, tetapi kami juga mencoba menciptakan sebuah bisnis yang berkelanjutan yang menghadirkan berbagai kolaborasi dari multi stakeholder mulai dari akademisi,pada pelaku IKM dan start up saja, tetapi kami juga mencoba menciptakan sebuah bisnis yang berkelanjutan yang menghadirkan berbagai kolaborasi dari multi stakeholder mulai dari akademisi, business comunity, government, dan tentu terima kasih rekan-rekan media yang hari ini juga sudah turut hadir," ucapnya.

Ia menerangkan, dalam kegiatan ini  pihaknya akan menampilkan 20 peserta inkubasi yang terbaik dan akan memberikan penjelasan terkait produknya masing-masing untuk menarik hati para investor.

"Bahasa yang mungkin hari ini kami sampaikan yaitu pada program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan). Dan ibu-bapak bisa secara keseluruhan untuk memilih salah satu kata kuncinya adalah kolaborasi multi stakeholder dan investasi sosial yang berkelanjutan," ujarnya. (rdp*)

Baca juga: Resep Jengkol Balado Pedas Nikmat

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait