Cara Melihat Jawaban di Google Form Via HP dan Laptop

Berita —Sabtu, 29 Oct 2022 13:42
    Bagikan  
Cara Melihat Jawaban di Google Form Via HP dan Laptop
Foto: Istimewa

POSTPANGANDARAN,- Cara melihat jawaban Google form merupakan cara yang digunakan untuk bisa mendapatkan jawaban dari soal-soal ujian online. Saat ini ujian online memang menjadi alternatif ketika ujian tersebut tidak bisa dilakukan secara langsung.

Dengan memberikan soal-soal dalam bentuk form yang bisa diisi siswa dan langsung dapat dikirimkan ke guru. Tidak perlu menggunakan kertas ujian lagi dan tidak ribet dalam proses pengiriman soal hingga jawabannya.

Penggunaan Google form memberikan banyak kemudahan bagi guru dan siswa dalam melaksanakan ujian. Tidak hanya itu, bisa juga untuk soal-soal tes tertentu dimana lebih praktis dan cepat.

Namun ada kekurangannya yaitu bisa diketahui kunci jawabannya dengan menggunakan trik khusus. Anda bisa menggunakan cara melihat jawaban Google form jika dirasa dibutuhkan dan dalam keadaan darurat.

Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Cek Jawaban di Google Form

Sebelum membahas tentang bagaimana cara melihat kunci jawaban Google form. Sebenarnya melihat kunci soal dalam bentuk apapun baik ujian online atau offline tidak dianjurkan dan menjadi pelanggaran.

Hal ini dikarenakan ujian tersebut diberikan untuk mengukur kemampuan Anda sehingga dibutuhkan jawaban sejujurnya. Jika kemampuan memang kurang maka akan digunakan cara-cara agar bisa meningkatkannya dan menjadi lebih baik.

Baca juga: French Open 2022: Jonathan Christie Retired

Namun jika Anda membutuhkan cara melihat jawaban Google form di akhir ujian untuk mengetahui jawabannya. Tujuannya mencocokkan apakah jawaban yang dikerjakan banyak benarnya atau tidak maka tidak ada salahnya dicoba.

Sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal dasar berikut agar bisa menemukan jawaban dengan cepat dan tepat. Juga meminimalkan resiko ketahuan atau dianggap curang oleh pemberi soal ujian tersebut.

  1. Soal-soal ujian sudah diatur untuk bisa menampilkan jawaban benar dan salah setelah submit jawaban dilakukan.
  2. Pengisian soal ujian dibutuhkan akun Google jadi jika ingin mencoba cara mendapatkan jawaban. Pastikan Anda memiliki dua akun Google atau lebih untuk dilakukan uji coba cara melihat jawaban Google form.
  3. Perhatikan saat mengisi identitas untuk mengetahui kunci jawabannya agar tidak ketahuan. Sebaiknya jangan menggunakan nama Anda namun gunakan nama atau identitas lain agar aman.
  4. Perlu diketahui cara ini hanya bisa digunakan jika soal yang disediakan berupa pilihan ganda. Sedangkan untuk soal essai tidak ada kunci apapun jadi tidak mungkin bisa ditemukan.
  5. Cari kunci jawabannya jika hanya dibutuhkan saat mendesak saja dan jangan bergantung pada cara instan.

Cara Melihat Jawaban Memakai Laptop atau PC

Tersedia dua cara mengetahui jawaban Google form yaitu memakai PC atau laptop dan dengan HP. Sebagian besar siswa memilih memakai laptop atau komputer untuk ujian karena dinilai lebih mudah untuk aksesnya.

Begitupun dalam menemukan jawaban pada Google form juga lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan HP. Tidak heran jika cara ini lebih banyak digunakan serta lebih mudah dalam menemukan jawabannya.

Baca juga: French Open 2022: Rehan/Lisa Menuju Babak Semifinal

Ikuti langkah-langkah berikut jika Anda ingin mengetahui jawabannya melalui laptop maupun komputer. Tidak memerlukan waktu lama untuk bisa mengetahui jawaban dari soal-soal yang diberikan jadi coba saja jika Anda penasaran.

  1. Cara melihat jawaban Google form memalui laptop yang pertama yaitu Anda harus membuka link soal ujiannya dulu.
  2. Setelah terbuka kemudian edit link dari viewform dirubah menjadi viewanalytics. Jika kesulitan copy dulu linknya di Word kemudian bagian viewform rubah saja menjadi viewanalytics lalu copy lagi ke Google.
  3. Buka kembali linknya dan otomatis Anda akan terkejut karena melihat kunci jawabannya langsung muncul.

Namun perlu Anda ketahui kalau cara melihat jawaban Google form ini bisa berhasil atau mungkin tidak. Hal ini karena pembuat soal bisa mengaktifkan setelan See summary chart and text responses.

Jika pembuat soal tidak mengaktifkannya maka jawaban tersebut tidak akan bisa muncul sama sekali. Jadi jangan kecewa karena pengaturan sepenuhnya tergantung dari pembuat soal itu sendiri.

Cara Melihat Jawaban Google Form Via HP

Jika Anda mengerjakan ujian dengan menggunakan HP jangan khawatir karena cara melihat jawaban Google form masih bisa dicoba. Karena selain memakai laptop atau PC, memakai handphone tetap bisa mengetahui jawabannya dengan mudah.

Caranya masih sama mudahnya jadi Anda bisa mencoba hanya dengan menggunakan beberapa langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama yaitu memastikan kalau handphone sudah memiliki koneksi internet yang stabil. Baik memakai data seluler maupun koneksi wifi harus stabil agar bisa mengakses tanpa kendala.
  2. Untuk cara melihat jawaban Google form harus membuka link soal ujian terlebih dahulu.
  3. Setelah itu klik link pada bagian atas untuk kemudian diedit alamat link tersebut. Jika Anda menggunakan akses Google Chrome maka edit melalui simbol pensi bagian sisi kanan atas.
  4. Anda hanya perlu mengubah link sama seperti saat memakai laptop dengan viewnanalytics.
  5. Setelah dilakukan perubahan maka tinggal langsung klik tombol pencarian maka hasilnya otomatis muncul.

Baca juga: Sejarah Perayaan Hari Halloween

Aturan dalam cara melihat jawaban Google form masih sama yaitu hanya bisa digunakan pada soal pilihan ganda. Serta pengaturan dari pembuat soal harus mengaktifkan See summary chart and text responses.

Pastikan juga handphone atau smartphone yang digunakan support terhadap penggunaan Google form. Sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan jawaban dan sebaiknya gunakan handphone milik orang lain.

Tujuannya agar email tidak terdeteksi sehingga Anda tidak ketahuan sedang melakukan pengecekan kunci jawabannya.

Tips Ujian dengan Google Form Lancar Tanpa Cara Curang

Seperti dijelaskan sebelumnya melihat jawaban Google form merupakan cara curang dan tidak dianjurkan. Sebenarnya ada beberapa tips mudah yang bisa Anda gunakan agar bisa mengerjakan ujian dengan baik dan jujur.

Tips pertama sebaiknya pelajari semua materi yang akan diujikan dengan sungguh-sungguh. Jika Anda menguasai materi dengan baik maka tidak perlu cara curang untuk bisa menjawab semua pertanyaan yang diberikan.

Biasanya sebelum ujian diberikan kisi-kisi materi yang akan diujikan jadi manfaatkan hal tersebut. Jika belajar sesuai kisi-kisi tersebut kemungkinan soal-soal yang keluar tidak jauh berbeda sehingga bisa lebih mudah dikerjakan.

Baca juga: Resep Empal Gentong, Makanan Khas Cirebon

Ujian menggunakan Google form sebaiknya menggunakan jaringan atau koneksi kuat serta stabil. Agar ujiannya bisa berlangsung lancar tanpa ada kendala, disarankan memakai Wifi saja daripada koneksi data seluler.

Meskipun ada cara melihat jawaban Google form sebaiknya coba dulu untuk mengerjakannya. Jika dirasa mampu maka tidak perlu melihat kunci tersebut namun bisa lebih percaya pada kemampuan sendiri.

Sangat disarankan juga untuk memakai perangkat yang memang mendukung baik spesifikasinya. Baik untuk smartphone maupun laptop yang Anda gunakan sebaiknya support untuk mengakses Google form.

Pastikan juga baterai perangkat yang Anda gunakan sudah terisi penuh untuk laptop maupun HP. Agar tidak kehabisan baterai dan mati saat mengerjakan karena hal ini dapat merusak konsentrasi.

Terlebih lagi soal-soal yang sudah dikerjakan tidak otomatis tersimpan jika memang belum selesai mengerjakannya. Maka jangan sampai kejadian ini terjadi karena nantinya merugikan diri sendiri.

Google form menyediakan layanan khusus untuk kemudahan mengerjakan ujian secara online. Dengan cara melihat jawaban Google form, Anda bisa mendapatkan jawaban dengan mudah dan dijamin benar.

Baca juga: Gelar Hasil PKM Luring 2022 Universitas Terbuka di Bidang Kopi dan Olahannya

Editor: Ajay
								
    Bagikan  

Berita Terkait