Hadiri Rakor Kepegawaian Kaltim, Ridwan Kamil Paparkan Resep Jabar Respons Disrupsi Digital

Berita —Sabtu, 22 Oct 2022 14:26
    Bagikan  
Hadiri Rakor Kepegawaian Kaltim, Ridwan Kamil Paparkan Resep Jabar Respons Disrupsi Digital
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri Rapat Koordinasi Kepegawaian se-Kalimantan Timur Tahun 2022 di Grand Ballroom Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Rabu (19/10/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar)

POSTPANGANDARAN,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Rapat Koordinasi Kepegawaian se-Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2022 di Grand Ballroom Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Rabu (19/10/2022).

Dalam acara tersebut, Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- memaparkan resep jitu Pemda Provinsi Jabar dalam mengatasi disrupsi teknologi digital. Salah satunya, mengimplementasikan transformasi digital secara intens.

"Merespons disrupsi 4.0 yang tengah melanda dunia, Pemda Provinsi Jawa Barat melakukan transformasi digital secara simultan dan intensif," ucap Kang Emil.

Menurut Kang Emil, Pemda Provinsi Jabar memanfaatkan teknologi digital untuk menilai kinerja ASN. Dengan begitu, penilaian kepada ASN menjadi transparan dan adil.

"Salah satu pemanfaatan teknologi di lingkungan Pemda Provinsi Jawa Barat adalah dengan mengimplementasikan sistem penilaian pegawai yang adil dan transparan melalui box talenta, sehingga sudah tidak ada lagi jual-beli maupun sistem lelang jabatan," ucapnya.

Baca juga: Wagub Jabar Kedatangan Petugas BPS

"Pemda Provinsi Jawa Barat juga telah menggunakan sistem digital yakni TRK untuk mengukur kinerja pegawai sehingga kinerja pegawai lebih jelas dan terukur," imbuhnya.

Selain transformasi digital, Kang Emil juga menuturkan tentang pentingnya reformasi birokrasi dalam mendorong tata kelola pemerintahan yang dinamis.

"Reformasi birokrasi juga menjadi salah satu langkah strategis dan dimaknai sebagai upaya perbaikan sistem dan tata kelola pemerintahan untuk mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang dinamis," tutur Kang Emil.

"Oleh sebab itu, Provinsi Jawa Barat menyiapkan seperangkat tools yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan tugas dengan struktur dan mekanisme kerja baru yakni dengan model Team of Teams agar struktur pekerjaan menjadi lebih dinamis," tambahnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Harap Rekomendasi ICMI dalam Mengambil Keputusan

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait